ZTE Rilis Solusi Data Center Berbasis SDN

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – ZTE Corporation mengumumkan peluncuran solusi cloud datacentre berbasis SDN dengan nama ZTE uSmartDC.

Dalam rilisnya dinyatakan,  ZTE menyadari bahwa dalam era konvergensi cloud/internet, data center virtual akan menjadi sangat penting bagi transformasi para operator besar di dunia. Hal itu merupakan inti dari arsitektur jaringan di masa depan, inti carrier dan wadah dari layanan ICT.

SDN atau Software Define Network merupakan sistem jaringan inovatif yang membangun sistem struktur jaringan yang terbuka dan dapat diprogram dengan memisahkan pengaturan jaringan dari proses pemindahan jaringan. SDN controller merupakan inti dari arsitektur jaringan SDN.

Solusi cloud data center ZTE uSmartDC menyediakan SDN controller yang mutakhir ddapat diprogram untuk mendukung tampilan protokol southbound/northbound yang kaya dan menyediakan pengaturan terpadu untuk tombol OpenFlow dan tombol non-OpenFlow.

uSmartDC SDN controller dapat disesuaikan dengan teknologi jaringan yang berlapis, untuk mendukung penemuan topologi otomatis di bawah mode jaringan berlapis untuk memenuhi permintaan-permintaan konsumen yang berbeda untuk skala jaringan dan rasio kinerja berbiaya tinggi.

Solusi cloud data center ZTE uSmartDC memiliki keunggulan yaitu mampu beradaptasi sendiri untuk menyediakan elastisitas layanan yang kuat. Solusi tersebut mendukung penjadwalan yang dinamis untuk mengoptimalkan sumber daya mesin virtual secara terus-menerus melalui pemanfaatan hasil pemantauan.

Hal itu mendukung penskalaan otomatis secara real-time yang memonitor performa layanan, termasuk pemanfaatan CPU, penggunaan disk array dan status transmisi data. Selain itu, Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC memungkinkan pelanggan untuk mengkonfigurasi kualitas layanan dari sumber daya layanannya.

Pada waktu mencapai beban tertinggi, sistem tersebut akan secara otomatis menyesuaikan pengalokasian sumber daya untuk layanan demi menjamin layanan kunci SLAs (service level agreement).

Pada era komputasi cloud, sangat penting memiliki kemampuan memperbaiki secara otomatis pada saat terjadi kegagalan layanan. Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC mendukung persiapan rangkaian server dan mengkonfigurasi kebijakan yang sesuai untuk memonitor status layanannya, mengganti kerusakan secara otomatis dengan adanya kemampuan memperbaiki secara otomatis untuk memastikan kualitas layanan yang tinggi, dan mewujudkan pengoperasian dan pemeliharaan secara otomatis.

Vice President ZTE Lu Ping mengatakan solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC dapat membantu para operator untuk menerapkan arsitektur aplikasi yang mirip dengan internet. Solusi ini juga dapat mendukung dan menyediakan beberapa datacentre yang aktif untuk mewujudkan mode-mode dan arsitektur inovatif yang mirip dengan Internet Gated Launch, dan menjalankan proyek percobaan inovatif untuk mencoba layanan-layanan baru.

Solusi cloud datacentre ZTE uSmartDC dapat mengalokasi berbagai sumber daya pada mode datacentre irtual secara fleksibel.

Berdasarkan teknologi sebelum pemasangan, solusi tersebut dapat secara otomatis menemukan perangkat keras TI yang sudah ada untuk perusahaan tersebut, membantu pengembangan menyeluruh serta pengoperasian dan pemeliharaan.

Solusi tersebut juga dapat diterapkan dengan cepat dan otomatis dalam beberapa datacentre untuk mewujudkan aplikasi online dari layanan dan mengurangi waktu ke pasar sehingga dapat mendukung operator meningkatkan saham mereka.

“Saat ini, ZTE dapat mengurangi waktu penerapan layanan lapisan atas dari beberapa bulan menjadi beberapa jam saja,” katanya.

Ditambahkannya, solusi ZTE tersebut berbasis pada  platform OpenStack. Solusi ini menyediakan platform komputasi cloud yang paling komprehensif dan mudah disesuaikan, mendukung manajemen terpadu dari beberapa datacentre untuk menyediakan pengalaman yang koheren.

Solusi tersebut mendukung lingkungan dengan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud, yang dapat disesuaikan dengan sekelompok sumber daya virtual umum yang mendukung operator dengan manajemen yang fleksibel dan terpadu.

“ZTE menyediakan solusi cloud data center uSmartDC yang berbasis SDN untuk memungkinkan para operator membangun berbagai private cloud virtual berbasis atribut. Fasilitas ini mendukung operator dalam mengembangkan layanan berbasis NFV yang dapat berkembang untuk menyediakan layanan jaringan untuk pemerintah dan perusahaan secara serentak demi konvergensi ICT utama,” ucap SVP ZTE Zhu Jinyu.(wn)