Smartfren Resmi Gelar VoLTE

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) resmi menggelar layanan Voice over LTE (VoLTE) sebelum tutup kuartal pertama 2016.

VoLTE merupakan layanan berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dan jaringan 4G LTE. VoLTE memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon maupun video dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil dan jernih. (Baca juga: Persiapan VoLTE dari Smartfren)

VoLTE bukan hanya layanan suara Inilah evolusi teknologi, Ini sama dengan 10-12 tahun lalu saat kamera ditanamkan ke ponsel," kata Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys, kemarin.

Smartphone Product Development Head Smartfren Ario Junianto mengungkapkan,  Smartfren akan menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan ini. "Di luar negeri, layanan VoLTE ini sudah digunakan oleh semua operator karena operatornya sudah mendukung. Tetapi di Indonesia memang kami yang pertama," klaim Ario.

Bicara tarif, layanan VoLTE milik Smartfren akan menggunakan pulsa reguler, sehingga tidak akan memotong paket data yang dimiliki pengguna. Untuk mendukung penggunan VoLTE, Smartfren  meluncurkan  Andromax R2 dan E2  masing-masing  dengan harga Rp 1,699 juta dan Rp 899.000.

Head of Smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono, mengungkapkan layanan VoLTE akan menjadi salah satu teknologi andalan untuk bersaing dengan operator lainnya di tahun 2016.

"Mungkin saat ini para pengguna perangkat lebih senang melakukan chatting. Namun dalam keadaan tertentu, voice masih sangat dibutuhkan terutama voice dengan kualitas suara yang jernih. Karenanya, kami menghadirkan VoLTE dengan dukungan 4G LTE," ujarnya

Direktur Smarftren, Roberto Saputra, mengharapkan hadirnya VoLTE bisa menambah pengguna 4G di jaringan smartfren yang sekarang baru berjumlah 1,2 juta pelanggan dari total 13,5 juta pelanggan.(ak)