Gandeng Green, Telin Singapura Perkuat Bisnis Data Center

Gedung Telin Singapura (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Telekomunikasi Indonesia International Pte Ltd (Telin Singapore), menggandeng penyedia data center dari Swiss, Green Datacenter AG (Green), untuk memperkuat bisnis cloud computing.  

Telin Singapura adalah anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) yang berinduk ke PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

“Kita masuk kesana dengan model kerjasama business to business (B2B). Ini bisa meningkatkan kapasitas data center dari Telin Singapura,” jelas Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo, kepada IndoTelko, Kamis (7/1).

Dijelaskannya, dipilihnya mitra dari Swiss karena lokasinya yang terbaik di Eropa dan memiliki kualitas yang baik dari sisi infrastruktur, keamanan, ekonomi, dan perlindungan data.

Diharapkannya, dengan adanya kerjasama tersebut dari Swiss di Asia akan dilakukan oleh Telin Singapura. Pasalnya, Green adalah penyedia Data Center Tier 3-4 UTI di Swiss dan Eropa.

Pelanggan utamanya adalah institusi keuangan. “Dengan kerjasama ini, setiap ada kebutuhan kastemer mereka untuk usaha di Asia akan ditangani melalui skema partnership ini.

Segala kebutuhan Data Center akan disediakan oleh Data Center Telin3. Jika ada kebutuhan ekspansi mereka misalnya ke Hongkong, maka mereka juga bisa memanfaatkan jaringan partner Telin Singapura di kawasan ini,” jelasnya.

Sementara Direktur Penjualan Telin Singapura Nick Sim dalam keterangan tertulisnya mengatakan kerjasama ini menjadikan perseroan terus bisa melayani pelanggan ketika melakukan ekspansi ke Asia atau Eropa. (id)