Industri eCommerce Butuh KPPU?

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Persaingan yang keras di industri eCommerce memunculkan wacana untuk mengundang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk masuk ke sektor ini.

“Saat ini belum ada aturan yang komprehensif mengatur persaingan di eCommerce. Road  map sedang digodok. Sementara persaingan makin keras,” ungkap Kepada  Badan Ekonomi  Kreatif Triawan Munaf, kemarin.

Menurutnya,hal yang wajar jika KPPU masuk untuk ikut mengatur lini bisnis yang tengah berkembang ini. “Soalnya belum ada formula untuk mengatur persaingan usaha di eCommerce,”  katanya.

CEO Bukalapak.com Achmad  Zaky mengingatkan, tidak mudah bagi pemerintah untuk masuk ke eCommerce apalagi mengatur persaingan usaha yang lumayan sengit. “Perubahan teknologi lumayan cepat di sektor ini,” katanya.

Sementara CEO Blanja.com Aulia E  Marinto menambahkan isu yang dimiliki eCommerce untuk berkembang adalah masalah pembayaran dan logistik. “Mending fokus ke dua hal ini dulu, ketimbang detail sampai ke persaingan usaha,” katanya. (Baca  juga: KPPU cermati Ojek Online)

Sebelumnya, KPPU mengaku sudah memanggil salah satu pemain Ojek online guna mencermati model bisnis di ridesharing.(ak)