Synnex Metrodata Genjot Bisnis Software

Kerjasama SMI-Qlik (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) ingin menggenjot bisnis software dengan menggandeng perusahaan yang fokus dalan bidang analitik visual, Qlik.

Anak usaha dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) ini menjadi elite partner untuk memasarkan produk piranti lunak Qlik di Indonesia. SMI akan menawarkan QlikView dan Qlik Sense kepada mitra bisnisnya dengan pangsa pasar UKM dan korporasi dari lintas industri.

“Bisnis software selama ini berkontribusi sekitar 10% bagi total omzet SMI. Kita harapkan kehadiran Qlik bisa meningkatkan sekitar 1% hingga 2% nantinya,” kata Presiden Direktur Synnex Metrodata Indonesia Agus Honggo Widodo, di Jakarta, Rabu (1/7).

Dijelaskannya, saat ini brand yang menjadi andalan untuk softaware adalah dari Microsoft.

“Kita sedang jualan Microsoft 365, selain itu juga ada Oracle, SAP, Autodesk, dan lainnya. Qlik ini tak hanya menawarkan peluang pendapatan dari lisensi dan services. Karena itu Qlik di bisnis software kita harapkan bisa kontribusi sekitar 5%-10%,” jelasnya.(Baca juga: Target Metrodata)

Diungkapkannya, selama ini kontribusi terbesar dari bisnis SMI adalah distributor perangkat keras yakni menyumbang sekitar 80%-90% ke total omzet. (Baca juga: Kinerja Metrodata)

“Tahun lalu sumbangan SMI ke Metrodata secara grup usaha itu sekitar 75%, kita harapkan tahun ini naik menjadi 80%,” tutupnya.(id)