44 Pemain eCommerce Gelar Lebaran Belanja Online

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Para pemain eCommerce di Indonesia benar-benar tidak melepas momentum Ramadan dan Lebaran sebagai cara meningkatkan transaksi.

Kali ini lebih dari 40 pemain eCommerce menggelar sebuah perhelatan akbar bertajuk Lebaran Belanja Online.

Dalam program yang berlangsung dari tanggal 25 Juni – 5 Juli 2015 ini, dihadirkan pula kemitraan dengan para mitra terpilih, di antaranya CIMB Niaga dan Indosat.

“Untuk program Lebaran Belanja Online ini, elevenia menghadirkan diskon tambahan 10% untuk pemegang kartu kredit CIMB Niaga, di program cicilan dan juga 5% tambahan diskon untuk full payment. Akan ada juga potongan harga Rp50.000,- untuk pengguna Indosat dengan syarat dan ketentuan khusus”  ujar Senior Business Development & Public Relations elevenia Anggita Vela Lydia, kemarin.

Menurutnya, di bulan Ramadan ini kebiasaan berbelanja konsumen sedikit unik. Ada waktu-waktu khusus yang memang dimanfaatkan oleh konsumen untuk berbelanja, misalnya ketika Ngabuburit dan menjelang atau sesudah sahur. Tak ayal, elevenia memberikan banyak produk dalam berbagai penawaran.

Hingga saat ini, elevenia telah memiliki lebih dari 2 juta produk dengan 8.000 – 10.000 transaksi per hari. “Untuk bulan puasa ini, kami menargetkan traffic dan transaksi untuk naik dua kali lipat dari biasanya,” ujar Vela.

Meningkat
Country Industry Head Google Inc Hengky Priatna menyatakan, minat masyarakat untuk berbelanja online saat Ramadhan meningkat hingga 30% dibanding pada saat hari-hari biasa. Sebanyak 45% dari konsumen yang berbelanja online aktif mencari kategori makanan dan minuman.

Diungkapkannya, trafik paling banyak mengakses sekitar pukul 03.00 sampai pukul 05.00 WIB, saat sahur meningkat hingga 152%. “Kebalikannya, orang mengakses e-commerce saat buka menurun," kata Hengky.

Dikatakannya, pencarian tentang hijab memuncak saat ramadhan, dan itu kian meningkat sejak 2011. Kategori lain yang banyak dicari adalah kecantikan, musik, doa dan tradisi.  Sebanyak 82%  konsumen mengakses belanja online melalui perangkat ponsel.

Direktur PT Midtrans (Veritrans Indonesia) Budi Gandasoebrata menambahkan waktu mengakses situs belanja online terbanyak justru pada hari-hari kerja dan jam kerja. Mulai dari Rabu hingga Jumat, situs belanja online ramai dikunjungi.

Semakin mendekati waktu makan siang,  jumlah pengunjung laman belanja online terus bertambah. Waktu lainnya yang juga menunjukkan jumlah yang tinggi yaitu pada pukul 15.00 dan pukul 18.00. Sementara itu, pada malam hari yaitu pukul 21.00 memang masih tinggi tapi kecenderungannya menurun.(wn)