KAI Perkuat Infrastruktur Online Guna Antisipasi Lonjakan Permintaan

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) –  PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengantisipasi tingginya permintaan tiket mudik secara online melalui rail ticketing system (RTS) dengan melakukan penambahan bandwidth dari 80 Mbps menjadi 120 Mbps.

Tak hanya itu, moda yang menjadi andalan selama musim mudik ini juga meningkatkan kapasitas backend server ticketing sebesar tiga kali lipat dibandingkan dengan kapasitas tahun lalu, dan melakukan peningkatan security system.

“Kami meningkatkan sistem teknologi informasi agar masyarakat lebih mudah membeli tiket elektronik,” ungkap EVP Information System PT KAI, Mukti Jauhari, kemarin.

Ditambahkannya,  untuk memaksimalkan pelayanan pada Contact Center 121, perseroan  juga melakukan penambahan personil operator terutama pada waktu-waktu puncak pemesanan tiket (Pukul 00.00 WIB s.d. 06.00 WIB) dari 10 orang menjadi 50 orang.

Dihimbaunya,  masyarakat yang telah berhasil melakukan pembelian tiket via channel eksternal,  untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun.

“Ini  untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrean panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan KA,” ujarnya.

Sebelumnya (Baca juga: Tiket.com perkuat server), salah satu mitra KAI, Tiket.com juga memperkuat infrastrukturnya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menyambut musim mudik.(wn)