Alibaba Diminta keluar dari Taiwan

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Raksasa eCommerce dari Tiongkok, Alibaba, diminta keluar dari Taiwan oleh  Regulator investasi Taiwan.

Dilansir Bloomberg (3/3), otoritas Taiwan meminta Alibaba Group Holding Ltd. untuk keluar dari negaranya maksimal pada akhir Agustus mendatang karena entitas lokal perusahaan terdaftar sebagai perusahaan Singapura bukan Tiongkok daratan.

"Kami telah meminta Alibaba untuk pergi. Kami hanya ingin investor Tiongkok daratan yang berinvestasi di Taiwan sesuai aturan," kata Plt Sekretaris Eksekutif Komisi Investasi Kementerian Ekonomi, Emile Chang.

Menurut Chang, Alibaba melanggar aturan investasi Taiwan dengan menjadi perusahaan Singapura, sementara pada kenyataannya merupakan perusahaan  Tiongkok daratan yang terlihat pada saat perusahaan akan mencatatkan saham di bursa Amerika Serikat (AS).

Alibaba mengatakan akan melakukan komunikasi aktif dengan pihak-pihak terkait untuk mengklarifikasi isu yang ada, dan bila diperlukan akan mengambil langkah tepat untuk melindungi kepentingan yang sah dari Alibaba.com.(ak)