Arief Yahya akan Genjot Infrastruktur TI di Pariwisata

Arief Yahya (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan menggenjot infrastruktur teknologi informasi (TI) sektor pariwisata dalam rangka menggenjot datangnya wisatawan.

“Infrastruktur TI ini lebih cepat diimplementasi dan langsung dirasakan manfaatnya di era broadband economy. Misalnya, di bandara atau tempat wisata itu ada WiFi, pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat,” ungkapnya, kemarin.

Keseriusan menggeber infrastruktur TI ditunjukkan Pria yang akrab disapa AY itu dengan meminta Telkom  memasang koneksi internet gratis di sejumlah titik di Kota Tua Jakarta.  

"Saya sudah minta kepada Telkom untuk segera memasang wifi di Kota Tua. Hari ini juga sudah terpasang," katanya Rabu (29/10) lalu.

Ditambahkannya, tahun depan pemerintah menargetkan ada sekitar 10 juta pengunjung sehingga perlu disusun lokasi yang ideal untuk dijual sebagai tempat wisata. “Kita akan susun top 10, top 20, dan top 100 destinasi di Indonesia dengan menyesuaikan standar internasional,” katanya.  

Diharapkannya, aksi ini didukung BUMN atau kementerian untuk bersinergi agar membuat pariwisata Indonesia semakin besar. "Satu Indonesia kita harus sama-sama berfikir untuk keluar. Pesaing kita bukan di dalam negeri, tapi adalah luar negeri seperti Malaysia atau Thailand," ujarnya.(id)