Alcatel-Lucent Lepas Anak Usaha ke China Huaxin

Ilustrasi (dok)

PARIS (IndoTelko)  – Alcatel-Lucent (ALU) mengumumkan telah menutup penjualan anak perusahaannya Alcatel-Lucent Enterprise kepada Huaxin Post & Telecommunication Economy Development Center Tiongkok.

Dalam rilis resmi Alcatel_lucent dinyatakan penjualan menghasilkan dana sebesar 202 juta Euro atau setara US$ 254,8 juta. Alcatel-Lucent akan tetap memegang 15% saham minoritas pada perusahaan yang didivestasi, serta mempertahankan hubungan komersial agar dapat tetap mendukung ambisi pertumbuhan di bawah kepemilikan baru.

Divestasi Alcatel-Lucent Enterprise adalah bagian dari komitmen The Shift Plan Alcatel-Lucent, yang diluncurkan pada bulan Juni 2013, dengan tujuan untuk mengembalikan fokus perusahaan sebagai spesialis di bidang IP, Cloud dan Ultra-Broadband Access.

Penyedia jaringan ini memang tengah menata kembali neraca keuangan dengan mengimplementasikan penghematan biaya sebesar 1 milyar Euro dan menghasilkan paling sedikit 1 milyar Euro melalui penjulaan aset selektif hingga akhir tahun 2015.

Alcatel-Lucent Enterprise adalah pimpinan dunia di bidang solusi jejaring dan telekomunikasi untuk beragam skala bisnis, melayani lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia.

Huaxin Post & Telecommunication Economy Development Center (China Huaxin) Tiongkok adalah sebuah perusahaan investasi industri yang sedang mencari peluang pertumbuhan komersial jangka panjang di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).(wn)