Apple Akhirnya Caplok Beats

Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Apple akhirnya sepakat mengakuisisi Beats sebesar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 34,5 triliun pada Kamis (29/5).

Dikutip dari Slashgear, aksi korporasi ini menjadi transformasi publik pertama Apple sebagai perusahaan yang lebih terbuka dan tidak terlalu kaku dengan peraturan software dan hardware.Perusahaan telah mengakuisisi 27 perusahaan dari akhir tahun fiskal 2013 hingga sekarang.

Dampak akuisisi ini, Pendiri Beats Dr Dre dan Jimmy Iovine akan menjadi karyawan Apple.

CEO Apple Tim Cook mengatakan, sekarang Appe mulai mengalami diversifikasi. "Hal yang diberikan Beats kepada kami adalah awal yang besar. Apple memiliki hardware  dan memiliki layanan berlangganan musik sendiri," katanya.

Sebelumnya, beredar kabar harga penawaran awalnya US$ 3,2 miliar atau sekitar Rp37,2 triliun. Ternyata kesepakatan di US$ 3 miliar atau sekitar Rp34,95 triliun. Apple memotong harga kesepakatan setelah mengetahui bahwa Beats Music hanya memiliki 111.000 pelanggan.

Apple ingin menggunakan Beats Music untuk meningkatkan pendapatan iTunes Radio. Dibandingkan dengan Beats Music, saingannya Spotify memiliki 10 juta pelanggan berbayar, dan 30 juta yang mendengarkan secara gratis.

Beats juga memiliki  divisi Beats Audio headphone yang akan memproduksi dan menjual headphone high-end, dengan harga jual tertinggi sebesar US$ 450 atau sekitar Rp5,2 juta. Divisi ini membawa pendapatan sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 15,1 triliun pada tahun lalu.

Walaupun mengalami penurunan, tapi nilai transaksi ini tetap menjadi transaksi terbesar dalam sejarah Apple.(wn)