Pinterest Disuntik US$ 200 juta

Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Pinterest mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 200 juta dari para investor yang mendukungnya selama ini.

Para pemodal itu terdiri dari beberapa perusahaan pemodal ventura seperti  SV Angel, Bessemer Venture Partners, Fidelity, Andreessen Horowitz, FirstMark Capital, and Valiant Capital Partners.

Dikutip dari Reuters kemarin, masuknya dana segar sekitar US$ 200 juta ini menjadikan valuasi dari jejaring sosial ini menembus US$ 5 miliar atau sekitar Rp 57 triliun.

Pinterest akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan teknologi, mengembangkan program periklanan, dan memperluas jaringan internasional.

"Investasi baru ini memberi kita sumber daya tambahan untuk mewujudkan visi,” kata CEO Pinterest Ben Silbermann.

Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp.  Mulai dikembangkan pada Desember 2009 dan diluncurkan pada Maret 2010. Perseroan masih terus merugi dan tengah mencari jalan agar bisa menghasilkan uang dari layanan.

Layanan Pinterest memungkinkan pengguna membuat papan buletin online berdasarkan berbagai tema, seperti perjalanan, dekorasi, olahraga, musik, dan sebagainya

Walau merugi, suntikan uang mengalir terus. Pada Oktober 2013, Pinterest bernilai US$ 3,8 miliar setelah mendapatkan investasi sebesar US$ 225 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun yang dipimpin oleh perusahaan pemodal Fidelity Investments. Total dana yang sudah dihimpun Pinterest diperkirakan mencapai US$ 764 juta.(wn)