Opera Kuasai Pasar Mobile Browser Indonesia

Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Opera Mini mengklaim menjadi penguasa pasar mobile browser di Indonesia dengan memiliki  pertumbuhan  sebesar 182% hingga Mei 2013 di semua platform smartphone di Indonesia.

Tak hanya itu, basis pengguna pun terus tumbuh, naik 46% pada periode yang sama dengan menguasai 64% trafik internet melalui mobile.

“Kami masih menjadi mobile browser nomor satu di sini, dan tiga besar untuk kawasan Asia Tenggara,” ungkap Senior Vice President of Asia Opera Fabrizio Caruso, kemarin.

Diungkapkannya, salah satu pendorong tingginya pertumbuhan Opera berkat kian maraknya smartphone berbasis sistem operasi Android. Pertumbuhan pengguna Opera Mini di platform ini naik signifikan yakni 189% pada Mei 2012 hingga Mei tahun ini.

Sedangkan konsumsi data di Android 218% lebih tinggi dibandingkan tingkat konsumsi data rata-rata pengguna Opera Mini. Usia pengguna Android di Indonesia adalah 40%  berusia antara 25 sampai 34 tahun, dan 34% berusia 18 sampai 24 tahun.

Dari data yang dipaparkan Opera, ponsel Samsung mendominasi urutan Top 10 Android device di Indonesia. Sembilan di antaranya adalah ponsel Samsung.
Hanya satu perangkat Android merek lain yang masuk dalam daftar ini, yakni Smartfren Andromax di urutan keempat. Berturut-turut posisi 1-3 diisi oleh Galaxy Y, Galaxy Mini dan Galaxy Tab 2.

Selanjutnya, posisi 5-10 ditempati oleh Galaxy Y Duos, Galaxy Chat, Galaxy Pocket, Galaxy W, Galaxy Ace dan Galaxy Mini 2."Di Indonesia paling banyak laris smartphone di kisaran  Rp 2 jutaan,” ungkapnya.(ss)