Lenovo Terus Menggeliat di Indonesia

Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Belum lama ini lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) mengumumkan papan klasemen pemain komputer di dunia.

Posisi nomor satu diduduki oleh Lenovo sejak kuartal dua 2013 dengan menguasai 17,7% pangsa pasar komputer dunia dan berhasil menggeser HP (Hewlett Packard).

Secara global, Lenovo mengklaim mampu menjual sebanyak 29 jutaan unit sepanjang kuartal tiga atau empat unit setiap detiknya ke seluruh dunia.

Angka tersebut merupakan hasil kombinasi dari lini PC Plus yang menjadi andalan perusahaan. Komputer, tablet dan smartphone adalah fokus utama penjualan Lenovo di pasar gadget dunia.

Lenovo sendrii berhasil membukukan pendapatan sebesar US$ 9,8 miliar pada kuartal yang berakhir pada 30 September 2013. Jumlah itu meningkat sebesar 13% dari periode yang sama tahun lalu.Di Indonesia, Lenovo berhasil meraih posisi nomor dua dengan penguasaan pasar 13,5%.  

Jika merujuk pada riset Growth for Knowledge (GfK),  Asustek Computer Inc, melalui PT Asus Indonesia, meraih pangsa 25,2% di pasar notebook dan personal computer (PC)  Indonesia pada kuartal III tahun ini. Dari sisi pendapatan, Asus memimpin pasar mobile computing dengan pangsa 24,2%.

Asus menguasai penjualan produk kategori mobile computing, yang mencakup notebook dan netbook, di Indonesia. Pangsa Asus tercatat naik 7,6% dibandingkan periode sama tahun lalu.Diperkirakan ada sekitar 5 juta PC telah dijual di Indonesia pada tahun ini.

"Data IDC memperlihatkan Lenovo telah menjadi nomor 2 di pasar PC Indonesia sejak periode kuartal tiga (Juli-September)," ungkap SMB Lead Lenovo Indonesia Irene Santosa , kemarin.

Menurutnya,  perusahaannya telah menjadi vendor dengan pertumbuhan cepat di dunia. "Lenovo selama 18 kuartal berturut-turut menjadi vendor dengan pertumbuhan tercepat di pasar komputer dunia," imbuhnya.

Geliat
Di Indonesia, Lenovo melalui PT Lenovo Indonesia terus menggeliat dan mengincar posisi nomor satu  di pasar PC yang mulai menurun. Produk PC dengan konsep multimode dijadikan sebagai salah satu senjata andalan.

PC multimode adalah perangkat yang dapat digunakan sebagai komputer tablet dan dapat diatur dengan berbagai posisi. Konsep multimode ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dari Lenovo.Dua seri laptop dengan konsep PC multimode diperkenalkan yakni Lenovo Flex 14 dan Flex 20.
 
Konsep multimode ini menawarkan fitur dual mode, yaitu mode notebook dan stand atau bisa berdiri setelah diputar 180 derajat. Lenovo Flex 14  tersedia di pasar Indonesia pada 1 November ini dengan harga jual Rp 7,99 juta per unit. Sementara Lenovo Flex 20 tersedia di pasar pada 20 Desember tahun ini dengan harga Rp 12,5 juta per unit.

PC Multimode Lenovo telah diperkuat oleh chipset generasi keempat Intel. Produk multimode ini akan mendorong terjadinya konvergensi produk berperforma tinggi untuk melakukan komputasi selama satu hari penuh.

Tak hanya bermain di PC, Lenovo juga  mulai masuk ke segmen pasar jaringan rumahan atau ritel untuk memperkuat bisnis solusi storage di Indonesia. Segmen ini juga diharapkan dapat memperkuat bisnis Lenovo untuk divisi enterprise dan small medium business (SMB).

Solusi teknologi informasi untuk melindungi, menyimpan, dan mengelola informasi customer ini merupakan produk pertama Lenovo dengan EMC.    

“Pemasaran storage ini strategi  untuk masuk ke pasar dengan produk PC (dekstop dan notebook), smartphone dan tablet, serta solusi,” ungkap Marketing Communication Specialist Lenovo Indonesia Erri Rahmantyo.(ss)