Indosat Bidik Pasar UMKM

Suasana kerjasama Indosat-UMKM (Dok)

SURABAYA (IndoTelko) – Indosat bersama Bank UMKM Jawa Timur dan Business Indonesia Singapore Association (BISA) turut serta mendukung kesiapan para pelaku bisnis UMKM dalam menghadapi era ekonomi pasar bebas (ASEAN Economic Community/AEC) di tahun 2015.

Dukungan ini diwujudkan dengan diselenggarakannya seminar dan pelatihan “Peluang UMKM dalam Menembus Pasar Internasional” yang diselenggarakan di kantor Indosat Surabaya.

Dalam seminar yang dihadiri oleh para pengusaha atau wirausaha UKM dari Surabaya dan Jawa Timur,peserta diberikan  pembekalan terkait berbagai informasi yang dibutuhkan untuk memajukan bisnisnya, seperti solusi permodalan, solusi komunikasi yang hemat tanpa hambatan, tantangan dan peluang pasar bebas ASEAN, solusi branding dan marketing, serta solusi penjualan melalui toko online TokoOn.

“Diharapkan seminar ini dapat menjadi ajang untuk mendapatkan berbagai informasi, menambah wawasan serta berbagi pengalaman kewirausahaan bagi para pelaku Bisnis UMKM. Indosat juga mendukung produktivitas dan efisiensi komunikasi antar karyawan dengan menghadirkan paket closed-user-group (CUG) prabayar PINTAR dan paska bayar CUG,” ungkap Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat Fadzri Sentosa dalam rilisnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama "Meningkatkan Daya Saing UMKM Indonesia Menjelang Pasar Bebas Ekonomi ASEAN 2015" antara Indosat, Bank UMKM Jawa Timur, Business Indonesia Singapore Association (BISA), Universitas Ciputra Surabaya, dan PT Fortune Pramana Rancang dimana Indosat dan semua pihak yang menandatangi nota ini sepakat untuk mendukung UMKM Indonesia dalam meningkatkan daya saing bisnisnya melalui masing-masing layanan yang disediakan bagi UMKM, khususnya yang berlokasi di Jawa Timur.

Indosat dan Bank UMKM Jawa Timur juga menandatangani Nota Kesepahaman Bersama  "Program Kerjasama Penyediaan Layanan Telekomunikasi" dimana Indosat akan menyediakan layanan komunikasi closed-user-group prabayar PINTAR dan paska bayar CUG untuk mendukung komunikasi antar karyawan serta para debitur Bank UMKM Jawa Timur.

Menurut Fadzri, tantangan terbesar dalam telekomunikasi adalah mengontrol biaya komunikasi antar karyawan di semua lini yang menjamin komunikasi lancar tanpa membebani biaya komunikasi yang harus ditanggung perusahaan.

“Indosat menjawab kebutuhan ini dengan paket prabayar PINTAR dan paket paska bayar CUG closed-user-group yang memberikan gratis biaya komunikasi antar karyawan yang terdaftar dalam paket yang pasti akan mendukung produktivitas bisnis,” pungkasnya.(ss)