Jawa Barat Bangun Pusat Internet Exchange

Ilustrasi (Dok)

BANDUNG (IndoTelko) –  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jawa Barat berencana memiliki pusat internet sendiri yang dinamakan Jawa Barat Internet eXchange (JBIX) atau biasa disebut  JABR-IX.

“Ketersediaan internet exchange ini diyakini akan mempercepat akses internet dan sekaligus menurunkan biaya penggunaan internet di wilayah Jawa Barat,” ungkap  Ketua JABR-IX Prasetya Yudi dalam rilisnya, kemarin.

JABR-IX merupakan lembaga non profit yang pengelolanya terdiri dari penyelenggara internet Indonesia yang berijin dan terdaftar sebagai anggota di APJII. APJII sendiri akan melakukan pengukuhan pengurus wilayah (Pengwil) Jawa Barat dalam waktu dekat.

Dikatakannya, sebagai muara interkoneksi akses internet untuk jaringan internet wilayah Jawa Barat maka nantinya semua penyedia layanan akses internet di Jawa barat akan terhubung ke jaringan JABR-IX.

“Saat ini sudah terdaftar 33 anggota Internet Service Provider yang akan menggunakan layanan ini seperti perusahaan-perusahaan telekomunikasi utama Telkom, Indosat, XL, Biznet dan lainnya,” ujarnya.  

JABR-IX di desain untuk akses internet berkecepatan tinggi untuk kepentingan bisnis, sosial maupun keamananan.

Selain masuknya infrastruktur serat optik dari berbagai penyedia jaringan yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia, di JABR-IX ini akan ditempatkan pula Google Cache, Akamai dan konten lainnya yang dapat meningkatkan kecepatan akses ke content-content  tersebut dari sisi penggunanya secara signifikan.

Ditambahkannya,   lanjut penempatan perangkat interkoneksi JABR-IX akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur pendukung berupa DATACENTER, dimana siapapun pihak yang berminat dapat menempatkan servernya (dengan menyewa), termasuk dari kalangan perbankan untuk keperluan DRC (Disaster Recovery Center).
 
“Dibangunnya JABR-IX untuk para pelaku usaha seperti perbankan, valas dan saham misalnya sangat peka terhadap kehandalan, kecepatan dan keamanan akses internet. Sementara itu pendidikan tinggi juga memiliki digital library yang membutuhkan akses internet cepat,” kata Yudi.

Keuntungan lain dibangunnya JABR-IX adalah potensi menempatkan kantor operasional sedekat mungkin dengan data center dari para pelaku usaha yang berkaitan dengan teknologi.

Faktor ini jelas akan berdampak pada efisiensi perusahaan sehingga memperbesar peluang untuk meningkatkan bottom line keuangan perusahaan.(ss)