News Corp Pegang Hak Siar Liga Inggris Melalui Ponsel

Ilustrasi (DOK)

JAKARTA (IndoTelko) – News Corp  mengumumkan telah mendapatkan hak eksklusif atas penyiaran pertandingan Liga Inggris (Barclays Premier League) melalui perangkat ponsel dan internet di Jepang, Vietnam dan Indonesia.

Sebelumnya, News Corp juga telah mendapatkan hak penyiaran klip melalui internet dan ponsel atas Bundesliga (Jerman), Ligue 1 (Perancis), Serie A (Itali), FA Cup (Inggris), Championship (Inggris), Capital One Cup (Inggris), Brazilian Championship, dan Major League Soccer di ketiga negara tersebut.

Hak siar yang dikantongi   memungkinkan News Corp menyuguhkan lebih dari 1.600 laga pada musim reguler, pertandingan serta kejuaraan kepada para penggemar sepak bola melalui produk baru berbasis web dan ponsel.

“Popularitas sepak bola Eropa tengah berkembang pesat di Asia, terutama di kalangan generasi muda yang kegemarannya akan sepak bola juga dilengkapi dengan meningkatnya penggunaan ponsel pintar,” ujar Chief Executive News Corp Robert Thomson dalam rilis yang diterima redaksi.

Dikatakannya,  secara eksklusif perseroan akan menyajikan setiap gol dari seluruh pertandingan di Liga Premier, juga aksi dari liga Jerman, Prancis dan Italia untuk pemirsa di Indonesia, Vietnam dan Jepang.

“Mengingat betapa globalisasi dan digitalisasi merupakan dua tren yang paling mendasar dan kuat dewasa ini, suguhan sepakbola Eropa dalam bentuk digital di Asia akan menjadi penawaran yang sangat menarik,” katanya.

Chief Executive Premier League, Richard Scudamore mengaku sangat senang News Corp memutuskan untuk berinvestasi pada hak penyiaran liga kami via ponsel dan internet di Jepang, Vietnam dan Indonesia.

“Keahlian News Corp dalam liputan berita dan olahraga pada berbagai platform memungkinkan para fans di ketiga negara tersebut menikmati sajian Barclays Premier League secara lengkap melalui ponsel pintar, tablet dan perangkat lain yang mereka miliki,” katanya.

News Corp memegang hak eksklusif penyiaran via ponsel dan internet untuk English Premier League di Jepang, Indonesia dan Vietnam selama tiga tahun, hingga musim pertandingan 2015-2016. News Corp juga telah memiliki kesepakatan selama dua tahun untuk liga-liga lainnya.

News Corp sebelumnya telah mengumumkan akuisisi terhadap hak Inggris atas penyiaran seluruh pertandingan Premier League dan Football Association kepada para pelanggan The Sun, The Times dan The Sunday Times melalui platform digital, termasuk hak eksklusif siaran near-life pada perangkat ponsel.(ak)