Doku Perkuat Transaksi Online Merpati

Ilustrasi (DOK)

JAKARTA (IndoTelko) – Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines mengumumkan jalinan kemitraan strategis dengan PT Nusa Satu Inti Artha (Doku) dan PermataBank untuk memberikan kemudahan melalui penyediaan pilihan sarana pembayaran online yang lebih luas dan beragam kepada para pelanggannya.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam melakukan pembayaran tiket secara online melalui penyediaan sarana pembayaran yang lebih beragam. Kami percaya dengan kemitraan strategis yang terjalin baik dengan Doku dan PermataBank  dapat mewujudkan keinginan  tersebut,”  kata Direktur Niaga Merpati Sutan Banuara dalam rilisnya.

Dijelaskannya, kini para pelanggan Merpati dapat bertransaksi online dengan aman dan nyaman karena pembayaran tiket dapat dilakukan melalui ATM dan fasilitas online banking PermataBank serta di jaringan ATM Bersama, Prima/Rintis dan Alto dalam bentuk virtual account.

Secara sederhana, mekanisme kerjasama antara Merpati, Doku dan Bank Permata dapat dijelaskan sebagai berikut:  

Pelanggan Merpati dapat melakukan reservasi tiket dengan menelepon Call Merpati dengan nomor 0804-1-621-621 atau 022-8888-7777 dan booking melalui Web Merpati di www.merpati.co.id untuk mendapatkan Kode Pembayaran.

Kode Pembayaran unik yang sebelumnya diformulasikan oleh Doku di sistemnya Merpati akan menjadi nomor virtual account Permata Bank yang terdiri dari 16 digit.

Pelanggan Merpati memiliki waktu 90 menit untuk melakukan pembayaran tiket via ATM maupun online banking. Apabila melewati tenggat waktu yang diberikan, maka kode pembayaran virtual account tadi akan secara otomatis dibatalkan oleh Merpati.

Hal ini berarti  Doku yang sebelumnya telah mendukung Merpati dari sisi pembayaran online untuk kartu kredit juga telah mengembangkan solusinya guna mengakomodir perluasan kebutuhan Merpati. Melalui kerjasama ini Merpati telah memiliki sistem  pembayaran online yang lengkap dan diharapkan dapat melayani kebutuhan para pelanggannya.

Sementara dari sisi Doku,  penandatanganan perjanjian kerjasama ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan industri penerbangan tanah air yang sedang bertumbuh dengan pesat.

“Kami telah dipercaya kalangan industri, khususnya di industri penerbangan selama 6 tahun sejak kehadiran Doku  di tanah air. Industri ini menjadi industri yang tergolong cepat pertumbuhannya bersamaan dengan perubahan cara bertransaksi para pelanggan dalam membeli tiket pesawat dari sistem manual ke cara online sehingga lebih praktis, cepat dan  aman tentunya,” katanya.

Sekadar catatan, pada 2011, transaksi di Doku mencapai Rp2,5 triliun dan mencapai sekitar 3,8 triliun pada akhir 2012.(ct)