TelkomVision Berganti Nakhoda

Triana Mulyatsa (DOK)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi  Indonesia Tbk (Telkom) mengganti direktur utama  TelkomVision pada awal April 2013.

Telkom adalah pemilik mayoritas saham TelkomVision sebesar 98,75% sedangkan  1.25% dikuasai  PT Multimedia Nusantara (METRA).  

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu memberikan tampuk kepemimpinan TelkomVision kepada Triana Mulyatsa menggantikan Elvizar KH.

Triana atau akrab disapa TM sebelumnya adalah Direktur Keuangan dan Administrasi di TelkomVision. Sebelumnya, Pria yang suka memelihara kumis ini pernah menjadi direksi di anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara, Mitratel.  

Elvizar KH sendiri menduduki posisi baru sebagai Direktur Operasional di anak usaha Telkom lainnya yakni Infomedia.

Triana kala dikonfirmasi mengakui sekarang  menjadi nakhoda di salah satu pemain TV berbayar terbesar di  Indonesia itu. “Mohon doanya mas,” katanya melalui pesan singkat, belum lama ini.

Sekadar catatan, hingga September 2012, nilai aset TelkomVision mencapai Rp 821 miliar. Pendapatan usaha tercatat naik 63%  menjadi  Rp 302 miliar  dari periode sama tahun sebelumnya. Kontribusi TelkomVision terhadap pendapatan usaha Telkom hanya 0,53% di kuartal III tahun lalu.

Margin laba sebelum biaya bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) TelkomVision tercatat sebesar 20% persen pada periode 2010-2012. Angka tersebut lebih rendah dari rata-rata margin EBITDA industri yang sebesar 35%.

Pada 2015 perusahaan menargetkan margin EBITDA bisa tumbuh setara dengan margin EBITDA operator telekomunikasi sebesar 50%. Kenaikan EBITDA hingga 40%  bisa menekan  beban usaha sebesar 20%.

Telkom sendiri dikabarkan tengah mencari mitra strategis, terutama yang bisa menghadirkan konten menarik bagi TelkomVision.
Sudah ada beberapa perusahaan media yang tertarik menjadi mitra strategis Telkom untuk mengembangkan TelkomVision. Rencananya akan dijaring yang terbaik melalui  skema beauty contest.(id)