XL Perluas Akses Pembelian Paket Data

Manajemen XL-Bank Sinarmas mencoba isi ulang paket data di ATM (DOK XL)

JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) dan Bank Sinarmas meluncurkan layanan “Transaksi Pembelian Paket Data XL Melalui Electronic Channel Bank Sinarmas” yang pertama di Indonesia.

Layanan ini memungkinkan pelanggan XL untuk mengakses berbagai layanan XL melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan e-channel lainnya (internet banking, mobile banking, SMS banking) .

Peluncuran ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Director Commerce XL, Joy Wahyudi, dengan President Director Bank Sinarmas, Freeyan Liwang di Jakarta, 5 April 2013.

Bank Sinarmas menjadi bank pertama yang bersinergi dengan XL untuk layanan ini. Saat ini jumlah ATM Bank Sinarmas sebanyak 395 mesin ATM yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia

Layanan pembelian paket data XL melalui e-channel ini sudah bisa diakses oleh pelanggan di semua ATM Bank Sinarmas di seluruh Indonesia mulai 5 April 2013.

Menurut Joy  kerja sama ini menandai era baru baik di industri telekomunikasi maupun perbankan, di mana dua entitas bisnis operator telekomunikasi dan bank bersinergi menciptakan layanan baru dengan memanfaatkan sumberdaya masing-masing.

“Layanan ini jelas akan menjadi pelopor sinergi sejenis yang akan berkembang di masa mendatang. Belum ada layanan sejenis di Indonesia, bahkan di dunia,” klaim Joy.

Sedangkan  Freenyan mengakui kerjasama ini memberikan nuansa baru di industri perbankan dan telekomunikasi di Indonesia. “Kami menggandeng XL sebagai partner kami untuk menjadi pelopor dalam layanan pembelian data melalui e-channel pertama di Indonesia,” katanya.

Layanan pembelian paket data melalui e-channel ini menjadi jawaban XL atas terus meningkatnya pembelian layanan paket data XL melalui channel perbankan, seperti antara lain melalui ATM dan internet banking.

Dengan mengintegrasikan layanan penjualan paket data secara langsung dalam sistem ATM (e-channel) perbankan, XL berharap bukan saja pelanggan semakin mudah melakukan pembelian, namun juga semakin beragam produk XL yang bisa dibeli melalui sistem ini.

Layanan pembelian paket data melalui e-channel ini secara teknis berupa pembangunan sistem khusus di dalam sistem ATM Bank Sinarmas yang memungkinkan XL bisa memiliki fitur tersendiri di dalamnya.

Sebagai ilustrasi, jika nasabah mengakses ATM Bank Sinarmas, maka di layar monitor dia akan menemukan satu fitur XL. Jika fitur tersebut dibuka, akan terpampang sejumlah pilihan, seperti yang ada dalam UMB *123# (jika pelanggan XL mengakses melalui ponsel).

Dengan memilih pilihan-pilihan yang tertera di monitor, nasabah bisa melakukan pembelian produk XL sesuai pilihannya. Pilihan pembelian yang saat ini telah tersedia adalah untuk pembelian berbagai paket layanan XL, termasuk internet maupun BlackBerry. Selain itu, pelanggan dan nasabah Bank Sinarmas juga bisa membeli produk bundling ponsel. Ke depan, XL akan mengembangkannya termasuk untuk melayani preorder ponsel-ponsel baru.

Bagi pelanggan XL sekaligus nasabah Bank Sinarmas, layanan pembelian melalui ATM (e-channel) ini akan sangat memudahkan, simpel, cepat, dengan harga produk yang merupakan harga XL, stok produk tak terbatas, dan melayani 24 jam/hari. Selain itu, XL juga akan memberikan berbagai bonus untuk pembelian melalui layanan ini.

Kerja sama sejenis selanjutnya akan terus dikembangkan oleh XL dengan melibatkan bank-bank lainnya. Targetnya, dalam tahun ini setidaknya layanan pembelian paket data melalui e-channel sudah bisa dioperasikan di ATM (e-channel) bank-bank besar, baik bank nasional maupun bank internasional yang beroperasi di Indonesia.(ps)