Nuage Networks Perkenalkan SDN Generasi Kedua

SDN Data Center (DOK ALU)

JAKARTA (IndoTelko) – Nuage Networks memperkenalkan solusi software defined networking (SDN) generasi kedua  untuk mengatasi kendala-kendala pada jaringan pusat data penting yang membatasi adopsi layanan cloud.

Dalam rilis perseroan dinyatakan  Virtualized Services Platform (VSP) akan memungkinkan segmen-segmen seperti layanan kesehatan, perbankan, layanan umum dan pasar bisnis lainnya, termasuk juga perusahaan-perusahaan berskala web,  dan para penyedia layanan telekomunikasi  meningkatkan penawaran cloud  dan memberikan konektifitas yang aman dan cepat kepada pelanggan.

VSP dari Nuage Networks adalah sebuah solusi yang lengkap. VSP mengotomatisasi seluruh jaringan pusat data, menciptakan “kepingan-kepingan” aman bagi masing-masing pelanggan, mengubah waktu pengadaan dari hitungan hari menjadi menit

Uji coba Networks Virtualized Services Platform Nuage akan dimulai pada bulan April di Eropa dan Amerika Utara. Pelanggan yang melaksanakan uji coba termasuk Exponential-e, SFR penyedia layanan telekomunikasi  Perancis, Telus,   dan penyedia layanan kesehatan terkemuka AS, University of Pittsburgh Medical Center (UPMC). Ketersediaan secara komersil di seluruh dunia direncanakan pada pertengahan 2013.

CEO Alcatel-Lucent Michel Combes  mengatakan strategi SDN Alcatel-Lucent dan portfolio bermerek Nuage Networks  menghasilkan  orkestrasi cloud  dengan CloudBand Management System perseroan. K

“Kami berada di posisi yang baik untuk membantu penyedia layanan cloud dan telekomunikasi membangun layanan dan infrastruktur cloud berskala besar, membuka peluang untuk revenue baru bagi para pelanggan kami maupun bagi kami sendiri,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini konsumen dan pegguna bisnis menentukan permintaan atas komputasi awan dan storage. Pusat–pusat data saat ini sangat lengkap jika dilihat dari perspektif TI. Para operator pusat data dapat menambah atau mengganti server dan storage virtual dengan seketika untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Tetapi, masalahnya  jaringan tidak dapat ‘mengejar’ alias  tidak cukup fleksibel untuk memanfaatkan kemampuan tersebut. Pengadaan jaringan masih membutuhkan perencanaan teknis, konfigurasi manual dan sistem dan proses kompleks yang terinci untuk menghubungkan para pelanggan dengan sumber daya penyimpanan dan komputasi. SDN Generasi kedua dari Nuage Networks menjadi solusi untuk masalah ini.

Sebelumnya,  lembaga riset IDC meramalkan bahwa pasar SDN dunia akan meningkat dari $360 juta menjadi $3.78 miliar di tahun 2016.(ps)