51 Operator Luncurkan Layanan Suara Berbasis HD

Ilustrasi (DevSony.com)

JAKARTA (indotelko) – ­ Global mobile Suppliers Association (GSA) menyatakan sebanyak   51 operator di  38 negara telah meluncurkan layanan suara berbasis high-definition  (HD) atau naik   60% dibandingkan tahun lalu.

Teknologi suara berbasis HD yang digunakan adalah Adaptive Multi Rate Wideband technology (W-AMR) yang memungkinkan suara terdengar lebih jernih.

Jasa suara berbasis HD diluncurkan oleh operator di  Armenia, Australia, Austria, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko , Denmark, Republik Dominika, Mesir, Perancis,  Jerman, Hong Kong,   India, Irlandia, Italia, Kenya, Luxemburg, Malaysia, Mauritius, Moldova, Belanda, Philipina, Polandia, Portugal, Réunion, Rumania, Russia, Serbia, Slovenia, Korea Selatan, Spnyol, Switzerland, Turki, UAE, Uganda, dan Inggris.

Panggilan suara internasional berbasis HD mulai diperkenalkan pada tahun ini. Mulai bulan ini pelanggan Orange di Rumania dan Republik  Moldova bisa menikmati fitur tersebut.

GSA menyatakan ponsel yang telah mendukung suara berbasis HD sebanyak  127 model dari 14 pabrikan.  Pada tahun lalu ada  52 ponsel  yang telah mendukung fitur HD. Kebanyakan perangkat ini mendukung jaringan 3G dan HSPA, ada juga di LTE  (VoLTE).

Presiden GSA Alan Hadden menyatakan semua smartphone harus mengadopsi   W-AMR  guna mengantisipasi tumbuhnya fitur suara HD.

Pasalnya, dengan teknologi HD, pelanggan menjadi lebih lama melakukan panggilan, dan bisa menjadi diferensiasi bagi operator serta membuka peluang bisnis di  call center, information services, dan  emergency services  Teknologi suara berbasis HD juga ideal untuk  conference call.(ss)