XL perluas jangkauan 4.5G di Kepulauan Seribu

12:25:34 | 30 Nov 2017
XL perluas jangkauan 4.5G di Kepulauan Seribu

JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan perluasan jaringan layanan Data berkualitas di berbagai daerah.

Kali ini jaringan 4.5G XL dengan akses internet berkecepatan tinggi hadir melayani masyarakat di Pulau Lancang Besar, salah satu pulau di wilayah terluar Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.   

“Pertumbuhan pengguna layanan data di area Kepuluan Seribu terus meningkat. Hingga akhir Oktober 2017 tercatat hampir 70% dari sekitar 10.000 total pelanggan XL Axiata yang ada di Kepulauan Seribu telah menggunakan layanan data,” ungkap Vice President Region XL Axiata Jabodetabek, Bambang Parikesit dalam keterangan, kemarin.

Selain di Pulau Lancang Besar, sejak Juni 2017 lalu, XL Axiata juga telah melakukan modernisasi jaringan 4.5G XL pada BTS-BTS yang ada di Kepuluan Seribu, seperti BTS di Pulau Kelapa, Pulau Pantara, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Putri. Dengan telah menggunakan teknologi 4.5G, seluruh masyarakat di Kepuluan Seribu sudah bisa menikmati akses internet cepat dan berkualitas di jaringan XL Axiata.

Kebutuhan pelanggan di Kepulauan Seribu terhadap layanan data yang berkualitas juga terus tumbuh. Hal ini terlihat dari terus meningkatnya trafik layanan data di wilayah tersebut yang mencapai 31% dalam setahun terakhir.

Selain itu, hingga akhir Oktober 2017 jumlah pelanggan di sana yang telah menggunakan smartphone 4G tercatat sebanyak 43%, jumlah tersebut meningkat 122% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan angka ini akan terus meningkat seiring tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan data.

Sementara itu, dalam upaya mendukung para nelayan di Pulau Lancang Besar, pada Minggu (26/11) lalu, XL Axiata telah bekerjasama dengan perangkat desa dan komunitas nelayan setempat berupaya membantu meningkatkan pemahaman warga mengenai berbagai manfaat layanan data dan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Tidak hanya itu, XL Axiata juga memberikan fasilitas gratis berupa perangkat mobile broadband lengkap dengan akses internet cepat dan kuota besar. Perangkat tersebut bisa dimanfaatkan secara kolektif untuk berbagai keperluan produktif.

Selanjutnya, XL Axiata berkomitmen untuk terus memajukan masyarakat melalui penyediaan dan pelatihan lanjutan mengenai pemanfaatan teknologi digital dan metode distribusi digital melalui jaringan 4.5G.

Pelatihan-pelatihan yang akan diberikan tersebut diharapkan akan bisa membantu meningkatkan produktivitas dalam menunjang aktivitas ekonomi sehari-hari para nelayan, yang pada akhirnya bisa berdampak positif pada perbaikan kualitas hidup mereka. Selain itu, warga juga bisa memanfaatkan ketersediaan layanan data berkualitas untuk tujuan-tujuan pendidikan dan aktivititas sosial lainnya, mengingat keberadaan mereka yang ada di kepulauan.(wn)

Baca Juga:
()