Telkomsel dan XL bersaing di Bandara Eltari Kupang

08:08:40 | 09 Okt 2017
Telkomsel dan XL bersaing di Bandara Eltari Kupang
Bandara Eltari Kupang (dok)

ELTARI, KUPANG (IndoTelko) – Setelah melalui perjalanan panjang dan sangat melelahkan, mulai dari perjalanan darat dari Dili Timor Leste ke perbatasan Motaain NTT, perjalanan ke kota Atambua hingga ke kota Kupang, akhirnya Tim IndoTelko Group tiba di Bandara Eltari Kupang.  

Sempat bermalam di kota Kupang, esok  harinya, Jum’at, 29 September 2017 pukul 08.00 Wita, kami tiba di bandara yang tergolong cukup padat ini.   Sambil menunggu waktu penerbangan pukul 09.45 Wita, kami menyempatkan diri melongok kondisi jaringan seluler dari 5 ponsel Asus Zenfone 4 Max Pro sebagai perangkat uji coba yang kami gunakan.

Ponsel ini kami pilih lantaran baterainya yang berkapasitas 5000 mAh sehingga membuat kami lebih nyaan tanpa harus melakukan charging secara terus menerus setiap hari. (baca : Kekuatan Baterai Asus Zenfone 4 Max Pro)

Berbeda dari beberapa titik uji sebelumnya, di mana hanya ada sinyal Telkomsel yang tertangkap Asus Zenfone 4 Max Pro.  Kali ini di Bandara Eltari ponsel ber sim card XL mampu menyuguhkan sinyal yang sempurna.  Indikator sinyal di ponsel XL ini full bar dengan teknologi HSDPA. 

Sedangkan sinyal dari Indosat juga nampak terlihat namun hanya satu bar dengan indikator sinyal 2G. Sementara dua operator lainnya Tri dan Smartfren sama sekali tidak memberikan tanda-tanda kehidupan.

Speed HSPA+

Pengukuran akses internet kali ini kami gunakan dua aplikasi yakni Speed Test dan Sensorly.

Di aplikasi Speed Test, dari dua kali pengujian, kami mendapatkan angka unduh untuk XL sebesar 1,43 Mbps dan 1,52 Mbps.  Sementara kekuatan unduh Telkomsel di aplikasi yang sama dari dua pengujian adalah 10,60 Mbps dan 24,60 Mbps.

Sedangkan di aplikasi Sensorly juga menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda.  Kekuatan XL hanya berkisar 1 hingga 2 Mbps.  XL cuma punya kekuatan sebesar 1,11 Mbps dan 2,86 Mbps yang merupakan dua angka tertinggi dari beberapa uji coba yang kami lakukan.

Telkomsel punya kekuatan unduh di angka 16,53 Mbps dan 13,46 Mbps,  yang juga merupakan dua hasil terbaik dengan Sensorly dari beberapa pengujian yang sempat kami lakukan . 

Saat kami uji keduanya untuk browsing ke berbagai situs ternama, keduanya berjalan baik.  Namun saat keduanya kami coba memutar Youtube, ponsel XL mengalami kendala buffering maksimal alias tersendat.

Kesimpulan yang bisa kami tarik dalam uji jaringan kali ini di kawasan Bandara Eltari adalah bahwa hanya ada dua jaringan seluler yang mengcover kawasan ini.  Dan keduanya tertangkap dengan indikator sinyal HSPA+.  Kecepatan Telkomsel di sini tergolong bisa diandalkan.  (sg)

Ini Video proses uji jaringan di bandara Eltari :

 

Baca Juga:
()