Ini rencana XL untuk kualitas jaringan di 2017

16:35:28 | 03 Feb 2017
Ini rencana XL untuk kualitas jaringan di 2017
Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya (kiri) bersama brand ambassador Tara Basro (kedua kiri) mengenalkan kampanye pemasaran jaringan XL.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) tengah mempersiapkan sejumlah rencana besar untuk peningkatan kualitas jaringan sepanjang 2017 guna menjamin pertumbuhan usaha bisa sejalan dengan industri seluler nasional.

“Peningkatan kualitas jaringan merupakan salah satu bagian penting dari upaya XL meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan. Upaya tersebut meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan. Peningkatan kapasitas antara lain dilakukan dengan memperbesar alokasi jaringan hingga 3x lipat . Sementara itu untuk ekspansi meliputi wilayah Jawa dan luar Jawa. Untuk Jawa, dikhususkan di daerah yang selama ini belum ter-cover layanan 3G secara memadai," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, di Jakarta, Jumat (3/2).

Dijelaskannya, saat ini pergeseran penggunaan layanan tradisional voice dan SMS ke aplikasi-aplikasi digital yang bisa menggantikan keduanya telah mendorong trafik layanan Data. Peningkatan konsumsi layanan Data juga terus meningkat dari pelanggan XL yang berada di berbagai pelosok daerah yang sebelumnya masih mengutamakan voice dan SMS untuk berkomunikasi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin luas pelanggan XL dan masyarakat Indonesia yang telah merasakan  manfaat positif dari layanan Data digital, termasuk dalam format video. Total trafik jaringan dari seluruh layanan  meningkat 162% menjadi sekitar 500 Petabytes  per akhir 2016.

Menurut Yessie, kini pelanggan XL telah bisa merasakan kualitas layanan yang semakin baik, terutama dari koneksi yang makin luas, cepat, dan kuat. Hingga akhir tahun 2016 lalu, sebanyak lebih dari 350 kota/kabupaten telah terjangkau dengan layanan 3G, dan hampir 100 kota/area terlayani dengan 4G LTE. Ini artinya 91% populasi Indonesia telah terlayani oleh layanan 3G yang berkualitas dari XL. Untuk jaringan 4G LTE telah menjangkau 53% populasi. Semantara itu, total jaringan 2G menjangkau 93% populasi.

XL juga terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi-teknologi 4.5G tanpa perlu upgrade BTS. Teknologi 4x4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antenna BTS dari 2x2 menjadi 4x4 telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, DIY, Surabaya dan Denpasar dan memberikan manfaat kenaikan kecepatan data, kekuatan penetrasi sinyal dan kestabilan akses data.

BTS 4.5G ready ini juga sudah mendukung teknologi high modulation 256 QAM yang akan menaikkan kecepatan layanan data 30% diatas jaringan 4G. BTS 4G LTE XL juga sudah siap untuk implementasi penggabungan frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE  2100 MHz (Carrier Aggregation) dan akan mulai diimplementasikan bila teknologi netral di 2100 MHz sudah di berikan ijin oleh pemerintah guna memberikan kapasitas yang lebih lebar pada layanan data yang dari tahun ke tahun meningkat secara tajam.
 
Untuk tahun 2017, XL akan meneruskan upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan dengan menganggarkan lebih dari 80% dari belanja modal (capex). Beberapa rencana yang akan dilakukan terkait hal ini antara lain adalah melanjutkan perluasan wilayah cakupan layanan dengan memanfaatkan layanan 3G melalui frekuensi 900MHz ke wilayah-wilayah baru yang belum tersedia layanan Data. Selain itu, XL juga terus meningkatkan kualitas layanan data melalui perluasan layanan 4G LTE di wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan data tinggi di Indonesia. Untuk itu, pembangunan jaringan fiber optic juga akan terus digelar, terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Untuk mensosialisasikan keuntungan bagi konsumen dengan adanya peningkatan kualitas jaringan, maka XL meluncurkan kampanye marketing terintegrasi yang meliputi iklan TV, iklan digital dan berbagai kegiatan untuk konsumen.

Selain itu guna memperkuat citra layanan XL sebagai operator dengan kualitas jaringan yang prima, XL mengenalkan artis Tara Basro sebagai brand ambassador. Kehadiran Tara Basro diharapkan akan mampu mewakili kepribadian XL yang dinamis, modern dan berani.

Selain itu, wanita yang dikenal luas sebagai model dan pemain film pemenang piala Citra, juga dianggap mewakili target pasar XL yaitu para pekerja yang memiliki banyak kesibukan untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Sebagai brand ambassador, Tara akan secara aktif ikut mengedukasi masyarakat dan pelanggan XL mengenai berbagai manfaat layanan XL yang bisa dihadirkan melalui jaringan yang luas, cepat, dan kuat. Wajah Tara Basro telah tampil dalam berbagai jenis materi komunikasi pemasaran XL sejak Januari 2017.

Sebelumnya, lembaga pemeringkat internasional Moody’s Investor Service mempertahankan rating kredit jangka panjang XL Axiata di level Ba1 seiring dengan proyeksi stabilnya pendapatan.(tp)

Baca Juga:
()