Pelabuhan Bakauheni diselimuti 4G

09:22:59 | 09 Aug 2017
Pelabuhan Bakauheni diselimuti 4G
Pengujian dari atas Ferry (Tono)

BAKAUHENI (IndoTelko) – Akhir dari perjalanan pengujian jaringan di Propinsi Lampung kami jatuhkan di titik penyeberangan Bakauheni-Merak.  Pelabuhan ini merupakan pintu keluar masuk ke Sumatera dan Jawa via darat. 

Perjalanan menuju pelabuhan ini ditempuh selama 2 jam dari kota Bandar Lampung.  Sedangkan dari kawasan Kalianda Resort – tempat kami bermalam- waktu tempuh hanya 1 jam untuk mencapai dermaga.

Pengujian di titik akhir ini kami lakukan pada Senin 31 Juli 2017.  Kami menetapkan dua titik uji yakni Bakauheni dan Merak.  Keduanya merupakan pintu masuk dan keluar bagi penyeberang Sumatera dan Jawa.

Bakauheni

Di pelabuhan ini, sinyal operator tergolong sempurna.  Kelima operator menunjukkan kekuatan broadband alias LTE.  Bahkan kelimanya menunjukkan indikator full bar di masing-masing layar ponsel.  Baik Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL kesemuanya memberikan sinyal 4G yang  sempurna. 

Perangkat uji yang kami gunakan masih sama dengan perangkat pengujian di titik-titik uji sebelumnya.  Kami ditemani oleh iPhone 7 Plus, Huawei P9 Lite, Asus Zenfone 3, Sony Xperia Z3, dan Lenovo P2 Turbo.  Sedangkan aplikasi yang kami gunakan adalah SpeedTest, Sensorly, dan nPerf.

Kekuatan unduh lima operator di penyeberangan Bakauheni sesuai prediksi kami.  Sinyal kuat, maka bisa dipastikan kekuatan akses datanya pun bisa diandalkan.  Berikut secara berurutan kekuatan unduh masing-masing operator mulai dari yang paling kencang.  XL 37,52 Mbps, Telkomsel 34,89 Mbps, Tri 25,09 Mbps, Smartfren 12,74 Mbps, dan Indosat sebesar 8,29 Mbps.  Mesin pengukur maksimal yang kami dapat menggunakan aplikasi Speedtest.

Titik Uji Bakauheni

Pelabuhan Merak

Lain halnya di pelabuhan Merak.  Hanya tiga operator yang mampu memberikan sinyal 4G.  Ketiganya adalah Smartfren, Telkomsel, dan XL.  Sementara dua operator lainnya Tri dan Indosat sama-sama memberikan indikator sinyal HSDPA.  Kami memutuskan pengujian akses jaringan broadband hanya untuk 3 operator yang sinyalnya kami dapatkan.

Hasil Uji Merak

Hasil pengujian di Merak ini terjadi ketimpangan yang signifikan.  Secara peringkat paling kencang, Telkomsel muncul sebagai operator penyedia akses data berkecepatan tinggi paling super dengan daya unduh hingga 75,12 Mbps.  Disusul XL dengan kekuatan unduhnya hingga 12,09 Mbps, dan Smartfren dengan daya sedot 5,76 Mbps. (sg)

Drive Test Kartu Halo
Baca Juga:
Drive Test Kartu Halo
()