Motaain dikawal internet cepat milik Telkomsel

09:23:53 | 02 Okt 2017
Motaain dikawal internet cepat milik Telkomsel
Pintu perbatasan Timor Leste dan Indonesia (foto : Tono)

MOTAAIN (IndoTelko) - Kawasan perbatasan Timor Leste dan Indonesia di Atambua merupakan tempat terpencil yang sangat jauh dari kehidupan normalnya sebuah kota.

Tim IndoTelko melakukan perjalanan darat dari Timot Leste tepatnya kota Dili menuju perbatasan di Motaain.

Perjalanan dari Dili kami tempuh sekitar 3 jam. Secara umum pemandangan yang kami lihat mulai dari Dili hingga perbatasan sangat memprihatinkan. Selain jalan yang kurang layak untuk sebuah kawasan perbatasan, juga kehidupan masyarakat yang kami lewati dan 5 km dari perbatasan sangat memperihatinkan.

Kondisi kering kerontang, panas, dan jarak antar rumah penduduk yang cukup jauh, membuat seolah kawasan tersebut nyaris tak ada perkampungan.

Setelah melewati pintu perbatasan dengan pemeriksaan dokumen imigrasi pemerintahan Timor Leste, kami harus berjalan kaki sekitar 200 - 500 meter untuk menuju pintu masuk keimigrasian Indonesia. Di sini prosesnya cukup cepat lantaran kami berpasport Indonesia.

Akses telekomunikasi

Setelah memasuki wilayah Indonesia, kami langsung melakukan setting ulang jaringan operator ponsel yang kami gunakan. Berdasarkan pengalaman di perbatasan antar negara, setting jaringan operator akan lebih baik dilakukan secara manual. Sehingga menerima sinyal bocor dari operator negara tetangga bisa diminimkan.

Dari indikator ponsel Asus Zenfone 4 Max Pro yang kami gunakan selama perjalanan, nampak terlihat sinyal HSDPA yang mampu ditangkap.

Penggunaan Asus yang berbekal baterai 5000 mAh membuat perjalanan kami jadi lebih mudah. Kami tak perlu melakukan pengecasan ponsel saban hari atau bahkan setiap saat. Asus Zenfone 4 Max Pro ini punya daya tahan baterai yang mumpuni hingga 46 hari untuk standby. Sementara untuk non stop digunakan, ponsel ini bisa bertahan hidup lebih dari 18 jam.

Hasil pengujian

Kami menggunakan aplikasi Speed Test dalam uji jaringan kali ini. Proses uji kami lakukan beberapa kali hingga menemukan kecepatan maksimal.

Pada pengujian pertama angka unduh yang diperoleh mencapai 17,53 Mbps. Sementara saat pengulangqn pengujian, indikator angka yang diperoleh tembus di angka 21,27 Mbps.

Masih penasaran dengan kecepatan internet Telkomsel ini, kami pun terus melakukan pengujian ulang, hasilnya angka maksimal yang di peroleh di kisaran 22 Mbps.

Kesimpulan yang bisa didapat dalam uji jaringan kali ini adalah bahwa koneksi jaringan Telkomsel di kawasan perbatasan ini baik untuk voice atau pun data sangat bisa diandalkan. (sg)

Ini video proses pengujian sinyal seluler di perbatasan NKRI (Motaain) : 

 

Baca Juga:
()