Layanan data XL melesat selama Pilkada serentak

07:17:09 | 17 Feb 2017
Layanan data XL melesat selama Pilkada serentak
ilustrasi

JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan Data sepanjang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di berbagai daerah di Indonesia, Rabu (15/2).

Kenaikan trafik terutama terjadi di daerah-daerah yang memang menyelenggarakan Pilkada, antara lain Nanggroe Aceh Darussalam, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Banten. Secara rata-rata, kenaikan trafik layanan Data mencapai 17% dari rata-rata trafik di hari normal. Penggunaan media sosial (medsos) yang intens mendorong kenaikan tersebut dengan kenaikan mencapai 15%.

“Jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala apa pun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan Data sepanjang berlangsungnya momen pemilihan pemimpin warga di tingkat daerah tersebut. Seperti biasanya, jaringan kami selalu siap mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang tahun, termasuk saat menghadapi hari-hari besar dan agenda negara seperti Pilkada atau Pilpres. Tentu kami ingin ikut mensukseskan Pesta Demokrasi tersebut dengan menyediakan sarana komunikasi yang prima," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, kemarin.

Yessie menambahkan, sejak jauh-jauh hari XL Axiata sudah menyiapkan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Ada sejumlah provinsi dan puluhan kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada secara serentak kemarin. Antisipasi yang dilakukan XL Axiata antara lain adalah secara khusus memastikan lagi kapasitas jaringan di daerah-daerah tersebut, dan hal-hal lain yang bersifat teknis.

Sesuai dengan tren penggunaan media digital sebagai saranan penyampaian informasi dan berkomunikasi, maka kenaikan trafik Data memang yang paling dominan. Kabar mengenai hal-hal seputar Pilkada disampaikan secara personal maupun massal melalui media digital, terutama media sosial (medsos) dalam berbagai platform. Trafik penggunaan Facebook, Path, LINE, dan Whatsapp naik di sebagian besar provinsi penyelenggara Pilkada.

Facebook paling tinggi kenaikannya, yaitu masing-masing di NAD naik 53%, DKI 17%, Banten 14%, dan Bangka Belitung 9%. Pelanggan menggunakan medsos untuk berbagi informasi, termasuk dalam format gambar atau foto, serta video. Akses Data juga cukup intens dilakukan untuk memantau hasil penghitungan suara.

Sementara itu, dilihat dari lokasi kenaikan trafik, kenaikan terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam, yaitu sebanyak 27% dibanding trafik hari biasa, disusul DKI Jakarta naik 17%, Banten 17%, dan Bangka Belitung 7%.

Pilkada serentak Rabu (15/2) kemarin berlangsung di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Ketujuh provinsi tersebut yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Layanan XL Axiata ada di semua provinsi, dan sebagian besar kota-kabupaten tersebut.

Sebelumnya, pada tahun ini, Pilkada dilaksanakan serentak di 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten. Menurut Twitter, sejak awal tahun 2017, para kandidat peserta #PilkadaSerentak2017 menggunakan Twitter untuk secara konsisten berbagi informasi tentang program kepada calon pemilih dan menciptakan interaksi di antara keduanya. Terdapat setidaknya 11,2 juta cuitan yang terkait dengan #PilkadaSerentak2017 sejak 1 Januari 2017, di mana 1 juta cuitan di antaranya terjadi selama hari pemilihan.(ak)

Baca Juga:
More Stories
 
 
()