Menikmati broadband Telkomsel di Belu

10:22:43 | 07 Okt 2017
Menikmati broadband Telkomsel di Belu
Uji jaringan di Atambua (dok)

ATAMBUA (IndoTelko) – Pengujian jaringan terus kami lakukan di seputaran kota Atambua. 

Sebelumnya kami mengukur kecepatan jaringan 4G Telkomsel di sebuah café  di pusat keramaian Atambua, kini giliran kawasan pemkab dan alun-alun Belu yang jadi target kami.

Proses uji jaringan ini masih menggunakan Ponsel Asus Zenfone 4 Max Pro yang berkapasitas baterai sebesar 5000 mAh dan memiliki berbagai fitur penghemat baterai.  Aplikasi yang kami gunakan adalah Speed Test dan Sensorly.

Proses uji ini kami lakukan pada Rabu, 27 September 2017 pukul 18.00 WIT hingga pukul 19.30 WIT.

DI pemkab Belu, yang merupakan pusat pemerintahan kota Atambua, sinyal Telkomsel yang terdeteksi hanya HSDPA.  Sementara di alun-alun Atambua, sinyal operator ini terjadi turun naik antara HSDPA dan juga 4G. 

Hasil Uji

Pengujian di kawasan Pemkab Belu kami lakukan dengan dua aplikasi uji Sensorly dan SpeedTest.  Kecepatan data dengan dua aplikasi ini menghasilkan angka yang berbeda. 

Sebut saja aplikasi Sensorly.  Pengujian dengan aplikasi ini menghasilkan kcepatan akses data sebesar 14,66 Mbps untuk donwload, dan 2,27 Mbps untuk kecepatan upload.

Sementara aplikasi SpeedTest menghasilkan kecepatan akses unduh sebesar 22,24 Mbps dan upload di angka 2,84 Mbps dengan ping 65 ms.

Hasil di kawasan alun-alun Atambua terjadi perbedaan yang signifikan khususnya sinyal yang ditangkap.  Da kawasan yang sering jadi pusat keramaian dan kegiatan masyarakat Atambua ini, sinyal Telkomsel terdeteksi 4G, HSDPA dan kadang 3G. 

Ada tiga angka maksimal hasil uji jaringan yang kami dapat.  Ketiganya terdiri dari 6,82 Mbps untuk download dan 2,54 Mbps untuk upload, dengan ping 68 ms.

Sedangkan kekuatan kedua kami dapat di angka 5,97 Mbps download dan 1,42 Mbps untuk upload.  Sementara pengujian maksimal ketiga di angka 8,43 Mbps unduh dan 2,41 Mbps upload dengan ping 72 ms.

Secara umum bisa kami tarik kesimpulan bahwa kekuatan akses data di dua kawasan ini tergolong stabil.  Meski sinyal yang terdeteksi mengalami turun naik antara 3G, HSDPA dan 4G.  (sg)

Ini video uji jaringan di Pemkab dan Alun-alun Atambua :

 

Baca Juga:
()