BRTI minta operator perhatikan kualitas akses internet di Makassar

07:48:13 | 14 Jun 2017
BRTI minta operator perhatikan kualitas akses internet di Makassar

JAKARTA (IndoTelko) - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta operator seluler yang ada di Makassar untuk memperhatikan kualitas akses internet selama musim libur Lebaran 2017.

“Dari hasil uji petik secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali sehingga jaringan seluler di Makassar dinyatakan siap melayani arus mudik, lebaran dan arus balik tahun 2017. Namun demikian, kami minta operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler atau cakupan mobilitas khususnya jaringan mobile internet karena akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat," kata Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin seperti disiarkan laman Kominfo (13/6).

Dikatakannya, pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap empat hal. Pertama uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung. Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS. Ketiga, uji kualitas layanan Mobile Internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh, tingkat keberhasilan unduh serta

"Keempat, uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di kota Makassar," jelas Imam.

Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Makassar dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik antara lain Bandara Sultan Hasanudin untuk Moda Pesawat Terbang, serta Terminal Bus Regional Daya untuk Moda Angkutan Darat serta Pelabuhan Laut Makassar untuk Moda Angkatan Laut.

"Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama di Kota Makassar," tutur Imam.(ak)

Baca Juga:
()