Uji Jaringan

Bolt! ngacir di Bogor

08:39:43 | 16 Mar 2017
Bolt! ngacir di Bogor
Hasil Uji Jaringan di Pintu Utama Jungle Land (idt)

BOGOR (IndoTelko) – Coverage area bukan menjadi target Bolt! untuk memanjakan pelanggannya.  Perusahaan penyuplai koneksi internet 4G pertama di Tanah Air ini justru konsen di kualitas jaringan di mana coverage area nya sudah dimiliki Bolt!. 

Kecepatan akses data dan kepuasan pelanggan inilah yang dikibarkan Bolt! untuk setidaknya kebagian gurihnya ‘kue” di layanan 4G, dengan pesaing dari 4 operator besar, Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren.

Bagaimana kekuatan Bolt! di kawasan Jakarta hingga kota Bogor. Apakah kecepatan akses data Bolt! sesuai yang diharapkan oleh pelanggannya?

Tim IndoTelko berkesempatan melakukan uji jaringan khusus layanan ini pada minggu lalu, Kamis, 9 Maret 2017. Titik uji dimulai dari tol Jagorawi hingga kawasan strategis dan wisata di kota Bogor.  Perangkat uji yang kami gunakan adalah Samsung Galaxy Note 6 dengan dukungan aplikasi SpeedTest.

Akses di Tol Jagorawi

Pengujian jaringan di titik uji pertama adalah tol Jagorawi.  Proses uji ini kami lakukan dalam kondisi kendaraan berjalan dengan kecepatan 80 – 90 km perjam.  Beberapa kali pengujian kami lakukan dengan rata-rata kecepatan unduh yang kami dapat 30 Mbps.  Dan puncak kecepatan Bolt! ada di titik sekitar pintu tol kawasan Cibubur dengan kecepatan maksimal 54,30 Mbps.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, kendaraan yang kami tumpangi keluar pintu tol Sentul Selatan.  Tujuan selanjutnya adalah kawasan wisata Jungle Land di kawasan Sentul.  Area tersebut sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya saat akhir pekan.

Sebelum menuju Jungle Land, kami kembali mengukur kekuatan sedot data Bolt! Di area sekitar pintu tol Sentul Selatan.  Hasilnya 41,33 Mbps angka maksimal untuk unduh data.  Penasaran dengan kestabilan kekuatan datanya, kami coba memutar video dari Youtube, hasilnya pun tidak mengecewakan.  Video yang diputar cukup stabil dan tidak ada jead atau pun tersendat.

Kawasan Wisata Bogor

Melanjutkan perjalanan ke kawasan Jungle Land.  Titik uji di sini kami pilih karena merupakan salah satu destinasi wisata unggulan kota Bogor.  Dan biasanya, di destinasi wisata, koneksi internet sangat dibutuhkan oleh para wisatawan, tentunya untuk akses ke sosial media, salah satunya upload foto selfie yang kerap dilakukan.

Di Jungle Land, kami melakukan uji jaringan di dua titik.  Titik pertama adalah kawasan paling muka.  Tepatnya pintu masuk utama dengan maskot bola dunia bertuliskan Jungle Land.  Di sinilah hampir setiap pengunjung melakukan selfie atau welfie.  Background gapura jungle land atau miniatur bola dunia menjadi andalan sebagai bukti bahwa mereka sudah berada di Jungle land. 

Kecepatan data di titik uji pertama ini sebesar 27,45 Mbps untuk kecepatan unduhnya.  Sedangkan kecepatan uploadnya mencapai 3,91 Mbps.

Bergeser sedikit ke dalam.  Titik uji selanjutnya adalah di kawasan permainan destinasi wisata Jungle Land.  Setelah melalui pemeriksaan tiket, kami menuju ke permainan kincir angin.  Di titik ini ternyata akses data Bolt! Mencapai titik maksimal 30,15 Mbps.  Termasuk stabil jika dibandingkan dengan hasil uji di titik awal bagian muka Jungle Land. 

Setelah sempat sejenak mengasah adrenalin di berbagai permainan, tim uji jaringan IndoTelko Group kembali melanjutkan perjalanan.  Kali ini titik yang kami tuju adalah restoran Ah Poong.  Lokasinya juga masih di sekitaran Sentul. 

Sama seperti Jungle Land.  Ah Poong kami pilih juga karena pengunjung yang datang ke kawasan ini sangat ramai khususnya di weekend.  Hasil uji di kawasan ini nyaris tak berbeda jauh dengan hasil uji di Jungle Land.  Angka maksimal yang kami dapat dengan mesin ukur Speed Test adalah 32,43 Mbps.

Titik Kota

Usai menyantap beberapa potong tahu yang jadi makanan cemilan andalan restoran ini, kami lanjut menuju kota Bogor.  Tol lingkar luar jadi pilihan.  Keluar pintu tol Warung Jambu, kendaraan kami arahkan ke kiri, menuju kota tepatnya kawasan jalan Padjajaran.  Jalan ini merupakan pusat kota dan cukup terkenal di Kota Hujan ini.

Penasaran dengan kualitas di pusat kota Bogor, kami pun melakukan uji kecepatan di satu titik ini.  Tepatnya di depan RS. Azra.  Hasil uji di titik ke 6 ini menunjukkan kecepatan akses data khususnya unduh sebesar 25,84 Mbps.    

Setelah 6 titik uji kami lalui, tak terasa perut mulai keroncongan.  Kami pun mampir di tempat makan yang juga kami jadikan sebagai titik uji ke-7 dalam sesi uji jaringan ini. 

Resto Roof Park yang jadi tujuan kami.  Di kawasan ini kami beristirahat sekalian makan siang.  Sekitar 1 jam 30 menit kami berada di kawasan ini.  Selain Ishoma, kami pun sempat mengukur kecepatan akses data Bolt!.  Kecepatan unduh Bolt! Di titik ini cukup mengejutkan.  Angka maksimal hasil ujinya mencapai 51,54 Mbps.  Angka itu merupakan angka tercepat untuk kekuatan unduhnya.  Sementara untuk kemampuan upload mencapai 4 ,12 Mbps.

Usai makan siang dan berleha-leha sejenak, kami memutuskan untuk kembali ke Jakarta.  Namun, sebelum masuk jalan Tol Jagorawi, sebagai satu-satunya akses menuju Jakarta Via Tol, kami menyempatkan mampir ke Mall Terbesar di kota Bogor, Botani Square.  Mall yang area nya merupakan bekas kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, menjadi titik uji terakhir dari sesi uji Bolt!.  Di mall ini, akses data unduh Bolt! Mencapai 30,16 Mbps, tergolong stabil.

Kesimpulan dari hasil uji jaringan Bolt! Untuk kawasan Jagorawi, Bogor dan sekitarnya, bahwa jaringan Bolt1 tergolong baik dan stabil.  Hasil uji jaringan khususnya kecepatan unduh data tidak pernah di bawah 25 Mbps.  Nantikan uji jaringan selanjutnya, di titik-titik strategis lainnya.  (sg)   

 

Baca Juga:
More Stories
 
 
()