UKM binaan RKB siap beraksi di IBDExpo 2017

05:05:48 | 16 Sep 2017
UKM binaan RKB siap beraksi di IBDExpo 2017
EVP Divisi Business Service Telkom Tri Gunadi (kanan) bersama Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri BUMN, Devi W. Suradji dan Ketua Pelaksana IBDExpo 2017 Hempi N. Prajudi, menjelaskan rencana ajang besar yang diikuti 95 BUMN, belum lama ini.(ist)

JAKARTA (IndoTelko) - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) hasil binaan 23 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap beraksi di ajang Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2017 yang akan digelar pada 20-23 September, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

"Ada banyak UKM siap memamerkan produksinya setelah dibina melalui RKB. Mereka ada yang menggarap makanan, fesyen, hingga kerajinan," ungkap EVP Divisi Business Service Telkom yang juga koordinator lapangan RKB untuk IBDexpo, Tri Gunadi, kemarin.

Diungkapkannya, hingga saat ini telah terbangun 175 RKB yang dibangun oleh BNI, BRI, BTN, Mandiri, Pertamina, PLN, Telkom, Angkasa Pura II, dan Bukit Asam. Target RKB yang dibangun adalah 514 RKb tersebar seluruh kota kabupaten oleh 23 BUMN. "Sisanya masih dalam proses penyiapan oleh 14 BUMN lainnya. Nanti selama acara akan ada konsultasi bisnis, konsultasi permodalan KUR dan PKBL, serta strategi bisnis online oleh Blanja.com," katanya.

Asal tahu saja, Rumah Kreatif BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Rumah Kreatif BUMN akan diperankan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UKM.

Tujuan utama dari Rumah Kreatif BUMN adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat terwujud UKM Indonesia yang berkualitas. (Baca: RKB)

Sementara di IBDExpo 2017, sebanyak 95 BUMN siap unjuk gigi menampilkan berbagai perkembangan dan pencapaian bisnis pada IBDExpo 2017 dengan tema "Sinergi Indonesia Hebat" merupakan pameran yang kedualinya diselenggarakan 4 BUMN kluster National Publishing and News Corporation (NPNC) yaitu Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka (Persero), Perum PNRI, dan Perum PFN.

Saat ini total aset seluruh BUMN mencapai Rp5.395 triliun, pendapatan sebesar Rp1.728 triliun, kontribusi pajak Rp220 triliun dan total dividen Rp38 triliun. Belanja modal BUMN pada 2017 meningkat menjadi Rp555 triliun yang akan dialokasikan untuk pembangunan 52 jalan tol, 17 bandara, 13 pelabuhan dan 19 jalan kereta api serta infrastruktur lainnya.(id)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
tlkm-taspen
sulbar-tlkm
herdy4-tlkm
iwapitek-tlkm
tlkm-tni
winsocio-tlkm
poskoagung-tlkm
herdy3-tlkm
ibdr-tlkm
tlkm-ibd17
jks-tlkm
kemenpora-tlkm
ra-ajs-tlkm
crisis-tlkm
mnjsat1-tlkm
ylki-tlkm
sattlkm-tlkm1
luwut-tlkm
sapi-tlkm
rini-ajs-tlkm
rudi-ajs-tlkm
teknisi-tlkm2a
teknisipantau-tlkm
teknisi-tlkm1a
dianbca1-tlkm
ajjsat-tlkm
ujangsat-tlkm
tlkm-bankaceh
tlkm-balkondes
tlkm-mdrnplk
upaca-tlkm
ajslmb-tlkm
dgtr-tlkm
tlkm-askrindo
bclntn-tlkm
liran-tlkm
asasea-tlkm
tlkm-difabel
tlkm-mcity
tlkm-walk
tlkm-sentul
smsmus-tlkm
smnt-tlkm
csrd-tlkm
csrday-tlkm
indi20tlkm
robotic-tlkm
tlkm-52
teknisibaris-tlkm
harry1-tlkm
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus
 
()