Jarvis Store, Senjata Baru Telkom untuk Digitalkan UKM

13:12:28 | 23 May 2015
Jarvis Store, Senjata Baru Telkom untuk Digitalkan UKM
Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sepertinya tak cepat puas menjadi penguasa pasar untuk solusi Teknologi Informasi (TI) di Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Sadar para pesaing mulai masuk ke kolam yang sama, emiten Halo-halo ini pun terus berinovasi agar posisi nomor satu di pasar TI dari UKM tak lepas. Apalagi, XL Axiata tengah getol juga bergerak di pasar UKM dengan bendera SME Goes Mobile. (Baca juga: XL tantang Telkom di Pasar UKM)

Aksi itu terlihat dari roadshow Bina Aspirasi untk Gerakan sejuta UKM di Seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia) di Semarang, dimana di depan 102 anggota Jaringan Pengusaha Muslim Jawa Tengah, operator pelat merah ini memamerkan aplikasi Jarvis Store.

Aplikasi ini membantu membangun platform eCommerce atau toko online secara mudah yang dapat diaplikasikan di berbagai perangkat. Bisa dikatakan, aplikasi ini kompetitor dari portal gerbangusaha.com milik XL Axiata.

“Jarvis Store ini merupakan pemenang Indigo Incubator 2014 dari Bandung Digital Valley. Pengembangan aplikasi ini sudah melalui berbagai tahapan sehingga sangat layak untuk segera masuk ke pasar. Dari proses inkubasi tersebut, Telkom menetapkan Jarvis store  sebagai aplikasi bagi pelaku UKM dalam mengembangkan bisnis Online,” papar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Dijelaskannya, layanan yang disediakan Jarvis Store mencakup pembuatan platform eCommerce, strategi digital, desain, teknologi dan media. “Ini merupakan solusi toko online yang memiliki fitur lengkap. Bahkan pelaku UKM diberi kemudahan untuk membuat toko online tersebut. Cukup 3 menit, langsung ON,” promosi Awal.

Untuk kemudahan pembayaran, Jarvis store menyediakan Transfer bank, Kartu Kredit, Paypal, Ipaymu dan Doku. Sehingga pelaku UKM bisa lebih fokus dalam menjual produk.

Fitur lain, pemilik toko online dapat meninjau statistik pengunjung yang datang dan pergi melalui panel Dashboard. Lalu menu Pageviews yang menampilkan data pengunjung baru, dan lain sebagainya dirangkum dalam kurun waktu tertentu.

Ada juga dilengkapi menu panel Order, dimana pemilik toko dapat dengan mudah melacak semua daftar pemesanan secara lengkap berdasarkan nomor transaksi. Mengubah status pemesanan hanya butuh sekali tap untuk memperbarui status pending menjadi terkirim melalui gadget.

Awal menargetkan 200 ribu  pelaku UKM terdaftar di Jarvis Store hingga akhir 2015. Saat ini sudah terdaftar 6 ribuan pelaku UKM yang menikmati dan semakin bertambah setiap harinya.

“Melalui program BAGUS Indonesia, kami yakin target sejuta UKM goes digital akan tercapai. Baik melalui registrasi www.smartbisnis.co.id yang kini sudah menyentuh angka 350 ribu UKM, layanan BosTOKO dan Jarvis Store ini. Intinya, cita-cita kami untuk mendukung program pemerintah turut memajukan bisnis UKM tetap on the track,” pungkas Awaluddin.(id)

telkom DBS / liputan khusus
Baca Juga:
telkom DBS / liputan khusus
telkom DBS / liputan khusus
More Stories
herdy3-tlkm
ibdr-tlkm
tlkm-ibd17
jks-tlkm
kemenpora-tlkm
ra-ajs-tlkm
crisis-tlkm
mnjsat1-tlkm
ylki-tlkm
sattlkm-tlkm1
luwut-tlkm
sapi-tlkm
rini-ajs-tlkm
rudi-ajs-tlkm
teknisi-tlkm2a
teknisipantau-tlkm
teknisi-tlkm1a
dianbca1-tlkm
ajjsat-tlkm
ujangsat-tlkm
tlkm-bankaceh
tlkm-balkondes
tlkm-mdrnplk
upaca-tlkm
ajslmb-tlkm
dgtr-tlkm
tlkm-askrindo
bclntn-tlkm
liran-tlkm
asasea-tlkm
tlkm-difabel
tlkm-mcity
tlkm-walk
tlkm-sentul
smsmus-tlkm
smnt-tlkm
csrd-tlkm
csrday-tlkm
indi20tlkm
robotic-tlkm
tlkm-52
teknisibaris-tlkm
harry1-tlkm
zulhelfi-tlkm
mudik-tlkm
semenca-tlkm
marundasto-tlkm
teknisi-tlkminfra
finnetstev-tlkm
tlkm-berbagi
telkom DBS / liputan khusus
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

telkom DBS / liputan khusus
 
()