blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Meninggal dunia, Rizkan Chandra tinggalkan sejuta kenangan

19:10:01 | 15 Jul 2017
Meninggal dunia, Rizkan Chandra tinggalkan sejuta kenangan
Alm Rizkan Chandra (tengah) bersama Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin (kiri) dan Direktur NITS Telkom Abdus Somad Arief dalam sebuah acara. (Foto: Muhammad Awaluddin)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Meninggalnya Presiden Direktur Semen Indonesia Rizkan Chandra pada Sabtu (15/7) sore di RS Siloam Semanggi mengejutkan sejumlah sejawatnya.

Pria yang akrab disapa RC ini adalah mantan Director of Network & IT Solution Telkom periode Mei 2012 – Desember 2014. Sebelumnya, RC menjadi Presiden Direktur di Telkomsigma periode Agustus 2010 – Mei 2012.

Di mata Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, pria jebolan ITB itu seorang yang mengenal unsur teknis dan selalu bekerja sistematis kala masih berkarya di Telkom.

"Pertama saya kaget sekali mendengar kabar duka ini. Beliau sahabat saya ketika sama-sama mengabdi di Telkom. Sebagai orang Teknologi Informasi (TI), beliau ini selalu melihat sesuatu dengan lebih besar. Mahakarya beliau di Telkom adalah perencanaan satelit Telkom 3S dan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable Service (SMPCS)," ungkap Mantan Direktur Enterprise dan Business Service Telkom itu dalam sambungan telepon ke IndoTelko, Sabtu (15/7).

Lain lagi kesan Direktur BRI Indra Utoyo soal Pria yang lahir 27 Januari 1969 itu. "Saya mengenal beliau sejak mahasiswa kerja praktek di unit saya di Telkom, dan jadi rekan kerja sejak bergabung di Telkom sampai ditugaskan ke SMI.  Beliau orang yang cerdas, profesional, dedikasi yang tinggi pada tugas, dan great leader. Kita kehilangan kader terbaik Telkom. Semoga Almarhum diberikan tempat terbaik dan husnul khatimah," kata Pria yang pernah menjadi Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom itu.

Sementara Direktur Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief mengungkapkan RC adalah direktur termuda di antara 8 anggota direksi pada pengangkatan dalam RUPS Telkom tahun 2012. "Umur beliau waktu itu 43 tahun. Itu membuktikan bahwa beliau adalah rising star di TelkomGroup. Keistimewaannya terbukti lagi karena hanya 2,5 tahun kemudian beliau menjadi orang nomor satu di Semen Indonesia," kata Pria yang akrab disapa ASA itu ke IndoTelko.

"Kita kehilangan seorang yang smart, tough, penggagas hal-hal baru dan inspiratif. Saya yakin semangat dan inspirasinya masih akan terus hidup di tempat-tempat di mana beliau pernah memimpin. Selamat jalan sahabatku, semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima segala amal dan ibadahmu," lirih ASA.

Senior Principal Expert Media and Digital Business Telkom Sri Safitri menjenguk jenazah RC di RS Siloam bersama sahabatnya Pengamat TI Mochammad James Falahuddin mengaku shock. "RC adalah sahabat, mentor dan sekaligus pemimpin yang visioner, tegas namun juga baik hati. Bangsa Indonesia, Telkom dan Semen Indonesia kehilangan aset bangsa terbaik," kata wanita yang akrab disapa uni SS itu.

Sementara James yang mengaku pernah kenal dekat dengan RC kala masih berkarya di Telkom mengenal Almarhum sebagai seorang yang cerdas dan humoris.

Jenazah Rizkan Chandra dibawa ke rumah duka (Foto: M James Falahuddin)

"Hal terbaik yang sangat saya teladani dari Pak Rizkan Chandra adalah perhatian dan perjuangannya buat keluarga. Ditengah dinamika karir beliau di Telkom dan terakhir di Semen Indonesia, beliau tetap menjadikan keluarga sebagai hal yang utama. Sebagai seorang kawan, beliau begitu mudah mengulurkan tangan untuk membantu  Selamat jalan Pak Rizkan, semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya," katanya sedih.

Sebelumnya, Presiden Direktur Telkomsigma, Judi Achmadi menginformasikan melalui pesan pendek ke IndoTelko tentang berita duka berpulangnya RC. “Innalillahi wa innailahi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Bp. Rizkan Chandra (ex Dirut Telkomsigma). Semoga Almarhum diterima amal baiknya, diampunkan dosa & husnul khotimah. Keluarganya juga diberikan kesabaran & ketabahan. Amin YRA,” tulis Pria yang akrab disapa JAC itu Sabtu (15/7).
 
Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengaku juga mendapat kabar duka tentang RC. “Baru dapat info. Semoga arwah beliau diterima disisi-Nya. Amin,” doa Alex. (Baca: Rizkan meninggal dunia)

Jenazah RC akan dimakamkan Minggu (16/7) di pemakaman San Diego Hills. Saat ini jenazah tengah dibawa ke rumah duka di Perumahan Foresta Cluster Collinare C1 No 9 BSD City Lengkong Kulon, Tangsel. Selamat Jalan Bos RC.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Roaming-Costs-v2.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren