blanja.com
telkomsel halo

Presiden terus pantau perkembangan Palapa Ring

07:48:55 | 21 Sep 2017
Presiden terus pantau perkembangan Palapa Ring
Joko Widodo (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menaruh perhatian besar terhadap pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tanah Air, salah satunya mega proyek Palapa Ring.

"Bahwa infra ICT harus dikejar, ini salah satu kunci. Kenapa Palapa Ring saya tanyakan ke menteri tiap hari kapan selesainya, untuk Indonesia tengah, timur, barat kapan selesainya," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Economic Talkshow “Ekonomi Baru Di Era Digital” di Jakarta, Rabu (20/9).

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan tugas Kementerian Kominfo adalah memastikan arah masa depan dan infrastruktur TIK untuk menopang perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Tugas saya memastikan masa depan ekonomi digital Indonesia dan infrastruktur TIK tersedia," ungkapnya.

Menurutnya,  saat ini terjadi perpindahan penggunaan jaringan telekomunikasi dari barang ke layanan. "Secara makro kita sudah berpindah dari goods ke services. Terjadi shifting, dimana saat ini anak muda lebih banyak makan di luar, belanja daring, jalan-jalan ke daerah dan membuat vlog. Inilah kondisi kekinian Indonesia," katanya.

Dikatakannya, tanpa infrastruktur broadband mau bikin aplikasi atau fintech tidak bisa. "Pemerintah hitung potensi dari bisnis digital yang potensial. Digital ekonomi sendiri didefinisikan sebagai semua aktivitas yang proses bisnisnya berubah menjadi digital dan mempunyai nilai tambah. Ini yang akan mengubah ekonomi Indonesia," tambahnya.

Diingatkannya, pada tahun 2030 nanti Indonesia akan menikmati puncak bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif 2 (dua) kali lebih besar dari yang tidak produktif. "Untuk itu harus ada keberanian dari pemerintah untuk membuat keputusan dan memastikan masa depan ekonomi digital Indonesia bagi generasi mendatang," pungkas Rudiantara.  

Proyek Palapa Ring sendiri terbagi atas tiga paket yaitu Barat, Tengah dan Timur. Proyek Palapa Ring berbasis Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) merupakan pembangunan jaringan serat optik tulang punggung sistem telekomunikasi broadband nasional, yang berfungsi senagai tol informasi untuk menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang berada di daerah-daerah yang tidak menguntungkan secara komersial.

Status Kapal Limin Venture yang menggelar kabel laut Palapa RIng Barat versi situs MarineTraffic

Palapa Ring Barat kabarnya memulai pekerjaan penggelaran kabel optik segmen bawah laut dari Palapa Ring Barat. pada awal Agustus 2017. Penggelaran kabel di batch 1 dilakukan dengan kapal Limin Venture yang berbendera Indonesia berjenis vessel.

Namun, dalam pantauan situs MarineTraffic.com terlihat kapal ini berada di Batu Ampar pada 20 September 2017, setelah siangnya masih berada di lautan Singapura.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI