blanja.com
telkomsel halo

T-Cash dan Dompetku Bersiap Melenggang di Elevenia

09:05:36 | 21 Apr 2014
T-Cash dan Dompetku Bersiap Melenggang di Elevenia
Ilustrasi (Dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Dua produk uang elektronik (e-money) milik operator besar tengah bersiap melenggang di portal Elevenia milik XL dan SK Planet.

Dua produk e-money itu adalah T-Cash dari Telkomsel dan Dompetku milik Indosat.

“Sekarang sedang negosiasi dengan kedua operator itu, kita memang ingin memudahkan semua pembeli dan penjual elevenia melalui sumber pembayaran yang variatif,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi kepada IndoTelko, kemarin.

Presiden Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengakui tengah ada diskusi di lapangan terkait rencana Dompetku melenggang ke Elevenia. “Sepertinya bisa realisasi secepatnya. Ini tinggal negosiasi masalah teknis saja,” katanya.

Dikatakan Alex, Indosat berkepentingan untuk memperluas ekosistem dari Dompetku dengan bisa diterima dimana saja. "Kami memiliki pengguna e-money dari Dompetku sekitar satu juta nomor, tetapi pengguna aktif minim sekali, baru  dikisaran 200 ribu nomor. Kita maunya pengguna aktif itu digenjot," katanya. 

Vice President Digital Service Delivery XL Yessie D. Yosetya mengaku senang jika T-Cash dan Dompetku akhirnya masuk ke elevenia. “Kami sebagai pemilik XL Tunai tak masalah. Di Elevenia itu e-money milik operator baru XL Tunai, kalau ada T-Cash dan Dompetku menjadikan ada pilihan bagi penjual-pembeli di elevenia,” katanya.

Ditambahkannya, bagi XL nantinya masuknya dua pemain besar di Elevenia akan menjadikan pembanding untuk layanan yang diberikan selama ini ke pelanggan. 

“Kalau misalnya nanti justru produk T-Cash yang banyak digunakan ketimbang Xl Tunai, kami menjadi terlecut. Kita ini kurangnya apa, itu gunanya kompetisi. Inilah salah satu alasan Elevenia itu dijadikan mandiri,” jelasnya.

Sekadar diketahui, Elevenia sekarang telah memiliki  8 ribu merchant pasca sebulan beroperasi naik 14,2% dari 7 ribu merchant kala dikomersialkan awal Maret lalu.

Elevenia dimiliki oleh XL Planet. Perusahaan patungan ini disiapkan  investasi awal sekitar US$ 36,6 juta untuk membangun portal ini sekitar 1,5 tahun lalu. Komposisi saham dari XL dan SK Planet adalah  50:50.

Saat ini ada sekitar 700 ribu produk yang ditawarkan di Elevenia atau naik 40% dibandingkan awal Maret lalu yang sekitar 500 ribu produk.

Di Elevenia, alat pembayaran dari perbankan yang banyak bermain seperti BCA, Mandiri, Visa, MasterCard, BNI, BRI, CIMB Niaga, JCB, dan Danamon.

Sementara uang elektronik milik operator hanya ada XL Tunai yang saat ini baru memiliki sekitar 500 ribu pengguna. 

Bandingkan dengan T-Cash yang mengklaim memiliki 15 juta pengguna terdaftar dan telah bekerjasama dengan 700 merchant menyediakan sekitar 40 ribu titik di berbagai penjuru Indonesia sebagai terminal transaksi T-Cash.

T-Cash dalam pipeline-nya memang ingin menggandeng sejumlah e-commerce guna melebarkan pangsa pasar dimana targetnya hingga akhir tahun ini akan ada sekitar 100 toko online yang mengaplikasikan uang digital ini.(id)       

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia