blanja.com
telkomsel halo

Trik menggunakan portrait mode di Vivo V7

13:35:55 | 23 Nov 2017
Trik menggunakan portrait mode di Vivo V7
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Dalam dunia fotografi, portrait mode adalah salah satu fungsi kamera digital yang digunakan saat memotret subjek tunggal.

Saat mengambil foto dalam portrait mode, kamera akan secara otomatis menggunakan aperture yang besar untuk membantu agar latar belakang tidak fokus dengan depth-of-field yang sempit sehingga hanya fokus pada objek tersebut, dan menampilkan efek bokeh dibelakang objek.

Portrait mode juga menjadi salah satu fitur canggih yang ada pada Vivo V7, V-Series terbaru dari Vivo Smartphone. Dengan adanya portrait mode, pengguna bisa mengambil gambar yang tampak profesional, fokus, dan tajam.

Menariknya, fitur fotografi ini sudah dapat difungsikan pada kedua kamera, baik depan maupun belakang, meskipun tidak menggunakan dual kamera, seperti yang pernah Vivo hadirkan pada V5Plus.

"Fitur portrait mode pada smartphone adalah salah satu fitur fotografi yang diminati. Dengan portrait mode bukan hanya pada kamera depan, namun juga belakang, Vivo V7 menghasilkan foto dengan efek Bokeh yang natural. Teknologi PDAF pada kamera belakang, dan aperture yang besar pada kamera depan, menjadikan Vivo V7 dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan mobile photography, dengan hasil seperti menggunakan camera DSLR," kata Product Manager Vivo Mobile Indonesia Irvan Alfianto dalam keterangan, kemarin.

Kamera Depan
Mengabadikan selfie dengan pengaturan fokus depth-of-field memang membuat hasil foto terlihat semakin menarik. Vivo V7 dengan resolusi kamera 24MP menghasilkan gambar yang cukup tajam untuk kemudian tersegmentasi dengan memberikan efek Bokeh pada latar belakang. Selain itu, dengan algoritma yang disempurnakan membuat fokus pada wajah tetap detail dan efek Bokeh yang halus.

Untuk hasil foto yang sempurna menggunakan portrait mode Vivo V7, langkahnya adalah sebagai berikut:

Pastikan FunTouch OS Vivo V7 sudah di-update ke Version 1.8.6
Buka aplikasi kamera
Aktifkan pilihan portrait mode pada bagian atas layar
Sesuaikan autofokus untuk mengatur pencahayaan, fokus objek, dan melihat hasil blue pada background.
Abadikan momen sempurnamu dengan kamera depan 24MP Vivo V7.
Maksimalkan hasil foto dengan fitur editing tambahan pada Vivo V7, seperti Face Beauty, crop, dan photo effect.
 
Kamera Belakang
Kamera belakang pada smartphone biasanya digunakan untuk keperluan mobile photography yang lebih beragam. Vivo V7 dibekali dengan kamera belakang 16MP, serta berbagai fitur lainnya seperti: profesional mode, PPT mode, dan yang terbaru, portrait mode. Saat ingin mengaktifkan portrait mode pada Vivo V7, langkah yang perlu dilakukan hampir sama dengan pada kamera depan.

Untuk menghasilkan gambar dengan efek Bokeh pada background, Vivo V7 mengandalkan teknologi PDAF yang secara otomatis mengatur fokus dan kedalaman gambar.

Selain itu, algoritma pada kamera belakang Vivo V7 yang memisahkan objek utama gambar dengan background, sehingga hasil foto dengan portrait mode menggunakan kamera belakang semakin berkualitas. Untuk hasil portrait mode kamera belakang maksimal, pastikan ukuran objek gambar tidak terlalu kecil dan perhatikan jarak smartphone saat apakah cukup dekat dan memberikan tempat untuk background.

Bagi para pengguna yang ingin menggunakan portrait mode pada Vivo V7, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

Posisikan Vivo V7 dalam jarak yang cukup dekat dengan objek. Jika mengambil selfie, akan lebih baik jika seluruh bagian kepala dan area bahu ikut tertangkap dalam bingkai gambar. Saat menggunakan kamera belakang Vivo V7, jarak ideal kamera dan objek adalah 2 meter.

Untuk foto bersama-sama/group photo, pastikan posisi grip dalam jarak yang sama dengan kamera

Jauhkan aksesoris yang mengganggu, seperti kacamata hitam, syal, atau topi

Pastikan fokus sebelum mengambil gambar. Atur target fokus beberapa kali sebelum mengambil gambar sampai merasa objek sudah tertangkap sempurna.

Perhatikan pencahayaan agak hasil gambar tetap menampilkan objek dan latar belakang dengan jelas.

Sesuaikan jarak antara objek dengan latar belakang. Semakin dalam jarak antara objek dengan latar belakang, akan semakin baik untuk menghasilkan efek Bokeh.

Layar lebih besar membantu pengguna meningkatkan komposisi gambar saat menggunakan kamera, serta melihat hasil gambar dengan lebih leluasa. Vivo V7 dengan desain minim bezel FullView Display 5.7 Inch memiliki rasio screen-to-body mencapai 83.6%.

Jauh lebih lapang, tanpa membuat smartphone menjadi boros di ukuran, Vivo V7 pun cocok bagi pengguna smartphone yang mencari perangkat dengan ukuran compact saat beraktifitas, termasuk saat hunting foto.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia