blanja-tcash
telkomsel halo
finnet KTM

Lenovo Vibe K5 Plus : Tetap Andalkan VR

11:49:59 | 29 Aug 2016
Lenovo Vibe K5 Plus : Tetap Andalkan VR
telkomtelstra januari - maret
Merek Lenovo kembali menunjukkan konsistensinya di pasar ponsel cerdas.  Setelah meluncurkan seri Vibe K4 Note, Lenovo lagi-lagi menggelontorkan seri anyarnya juga masih untuk keluarga Vibe. 

Seri K5 plus, begitu Lenovo mengidentikasi keluarga Vibe ini.  Selain mesinnya yang sudah dibekali RAM 3 Gb, Vibe K5 Plus ini dibekali fitur andalan termutakhir saat ini, Virtual Reality (VR).  Harga bandrol ponsel ini pada update terakhir 23 Agustus 2016, dipatok Rp. 2,499,000 baik di retail maupun di Lenovo shop in shop Lazada, namun untuk pembelian unit Vibe K5 plus khusus melalui Lazada Shop In Shop akan mendapatkan VR Glasses ( selama persediaan masih ada).

Bagaimana kinerja ponsel cerdas ini khususnya fitur-fitur andalan termasuk fitur Virtual Reality nya?  Berikut hasil review dan uji cobanya :

DESAIN

Tampil mewah. Ini kesan pertama saat melihat dan memegang ponsel ini.  Kebetulan ponsel yang kami coba berbalut warna emas yang begitu eksklusif dan terlihat mahal.  Balutan warna emas mengkilat di pinggiran bagian muka ponsel menambah kesan mewah Vibe K5 Plus ini. Di bagian depan body juga dilapisi bahan glossy. Sementara casing bagian belakang yang juga berfungsi sebagai penutup baterai dipakai casing yang juga nampak eksklusif dan mahal.  Apalagi logo bertuliskan Lenovo yang menempel tegas di casing belakang, menambah pede bagi yang memakainya.

Penampakan Muka

SLOT DAN TOMBOL

Layaknya ponsel cerdas lainnya, Vibe K5 Plus punya tampilan standar untuk urusan slot dan tombol.  Di bagian atas body ponsel tersedia dua slot yang masing-masing berfungsi sebagai koneksi charger dan kabel data, serta satu slot lagi untuk koneksi audio headset 3,5mm. 

Slot USB dan Headset

Di sebelah kanan ponsel ada dua tombol yang salah satunya berfungsi sebagai tombol on/off.  Sedangkat tombol satunya lagi yang terletak di atas tombol on/off punya dua fungsi yaitu sebagai pengatur volume besar dan kecil.  Nah, di bagian kakan bawah ujung, terdapat slot kecil atau celah untuk membuka cover bagian belakang ponsel.  Anda bisa dengan mudah memasukkan sim card atau pun memori card.

Dua Tombol di Body Kanan

LAYAR

Lenovo Vibe K5 plus punya bentang layar yang cukup luas, hingga 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Tampilan layarnya sangat jernih dimana pun pengguna berada.  Saat dicoba di dalam ruangan, kejernihan layar Lenovo ini sangat mumpuni.  Pun begitu di luar ruangan termasuk di bawah terik matahari, kejernihan layarnya tak mengganggu. Pengoperasian layarnya juga cukup responsif.  Sekali sentuh, perintah dari pengguna langsung tereksekusi.

Tampilan Layar

DATA SELULER

Sebagaimana ponsel cerdas Android pada umumnya.  Kita bisa mengatur penggunaan akses dan paket data sesukanya.  Hal ini berguna sebagai pengingat batas paket data yang diinginkan, atau sekedar mengetahui seberapa besar paket data yang sudah Anda gunakan dan yang masih tersisa.  Untuk hal ini bisa di kondisikan di menu pengaturan Tab penggunaan data.  Anda pun bisa melihat satu periode tertentu yang sebelumnya sudah di setting terlebih dahulu seberapa besar paket data yang digunakan. 

Pengaturan Paket Data

INTERNET

Urusan koneksi internet, Lenovo terbilang ponsel yang sangat komplet dan paling siap.  Kerjasama sistem bundling dengan dengan Smartfren cukup menjanjikan. Paket data yang ditawarkan sebesar 16 Gb hanya dengan biaya pulsa bulanan sebesar Rp.50 ribuan.  Pada paket penjualannya, Lenovo sudah menyelipkan Simcard Smartfren dengan bonus paket data sebesar 300 Mb dan gratis telepon ke sesama Smartfren selama 100 menit.

Slot Simcard

Kalau pun Anda enggan menggunakan smartfren, jangan khawatir.  Lenovo nampaknya tidak melakukan kerjasama mengikat dengan operator ini.  Sistem simcard tidak terkunci sehingga pengguna bisa mengganti simcard smarfren dengan operator lain sesuai selera.  Saat pengujian ponsel, redaksi IndoTelko menggunakan dua simcard non Smartfren, yakni Indosat dan Telkomsel. Koneksi berjalan baik, semua jaringan terbaca dengan sempurna.

Koneksi internet alternatif lainnya bisa melalui WiFi.  Pengaturan koneksi ini sama dengan ponsel cerdas lainnya. Ada di menu pengaturan, lalu pilih Pengaturan tab jaringan tab lagi koneksi nirkabel.

Pengaturan Koneksi

KAMERA

Bicara kamera, Lenovo juga sudah membekali Vibe K5 Plus dengan kamera handal berikut fitur-fitur pendukung lainnya.  Kamera utama sudah sangat mumpuni dan berkualitas dengan tenaga kemampuan hingga 13 megapiksel.  Pabrikan ponsel ini pun sudah menyertakan lampu penerang tambahan alias flesh yang ada di bagian belakang ponsel persis bersebelahan dengan lensa utama.  Sementara kamera di bagian muka untuk pengguna yang suka berselfie dan welfie, sudah berbekal 5 megapiksel. 

Kamera Mumpuni

Pengambilan gambar di luar ruangan dan dalam ruangan mendapatkan hasil yang baik.  Berbagai fitur yang dibekali vendornya bisa Anda manfaatkan dengan maksimal.  Ada bisa memilih menu pengaturan saat membuka menu kamera.  Mau berselfie atau sekedar mengasah kemampuan Anda memotret, bisa dilakukan dengan mudah.

Fitur Kamera

MEMORI

Satu lagi fitur dan teknologi Andalan Vibe K5 Plus, yakni memori dan RAM. Pabrikan Lenovo mengupdate RAM Vibe K5 Plus teranyar dengan RAM 3 Gb yang sebelumnya hanya 2 Gb.  Alhasil kinerja ponsel anyar ini makin jos dengan tambahan RAM hingga 3 Gb.

Memori Penyimpanan

Penyimpaan data yang disediakan oleh Lenovo hanya sebesar 16 Gb untuk internal memory. Anda bisa menyelipkan slot memori tambahan untuk menambah ruang simpan bagi data-data penting Anda termasuk hiburan.

SLOT SIMCARD

Slot simcard yang disediakan keduanya menggunakan Micro Simcard.  Artinya Lenovo benar-benar memproduksi ponsel ini untuk pengguna yang sudah memanfaatkan jaringan 4G.  Meski begitu, kalau pun pengguna belum menggunakan layanan 4G, tak jadi masalah.  Anda hanya tinggal memotong simcard supaya sesuai dengan slot micro sim yang tersedia.

 

Slot Simcard

SPEAKER DOLBY

Urusan hiburan, ponsel ini nomor satu.  Bagi Anda pencinta musik, Lenovo Vibe K5 Plus ini sudah berbekal speaker Dolby yang mampu menghasilkan suara alunan musik dan juga video sangat keren.  Suara yang keluar sangat baik dan tidak pecah saat digunakan untuk mendengarkan musik.  Sayang ada kekurangan sedikit yang mesti jadi perhatian Lenovo.  Pabrikannya tidak menyertakan headset dalam paket penjualannya. 

Dolby Speaker

PENGGUNAAN VR

Nah, lagi-lagi hiburan jadi nilai jual lainnya yang disodorkan Lenovo. Teknologi Virtual Reality (VR).  Fitur anyar ini bekerja sangat maksimal di Lenovo K5 Plus ini.  Berbagai game dan fitur hiburan lainnya yang kompatibel dengan kacamata VR alias  Ant VR  menyuguhkan tampilan yang mengejutkan.  Keren, wah, dan inovatif.  Menjalankan berbagai game VR dengan Ant VR sangat seru dan merupakan pengalaman baru di teknologi ponsel cerdas.  Apalagi bila Anda memainkan game tersebut dengan perangkat tambahan bernama controller, memainkan game jadi lebih mudah.

Virtual Reality (VR)

KINERJA

Secara umum ponsel ini tampil sangat baik bahkan sempurna.  Dengan harga bandrol yang diberikan oleh pabrikannya tak lebih dari 2 jutaan, Lenovo Vibe K5 Plus layak jadi pilihan.  Kinerjanya sebagai perangkat telekomunikasi baik panggilan suara, sms, dan juga jejaring sosial berjalan baik tanpa kendala sedikit pun.

Benchmark

Juga berbagai menu hiburan, mulai dari kamera, video, musik, dan VR bekerja maksimal dan menjanjikan.  Ketersediaan menu hiburan dan VR inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengguna.  Anda kepincut? (sg)

SPESIFIKASI :

Jaringan           : Dual Micro SIM/ LTE Connectivity/4G

Layar               : 5 inci full HD, 1920 x 1080 pixels, teknologi layar IPS

OS                   : Android OS, v5.1 (Lollipop)

Hardware        : Chipset Qualcomm Snapdragon 616 dan prosesor Octacore.

Kamera           : 13 MP dan kamera depan 5 MP

Musik              : HD Audio dengan Dolby Digital Plus

Baterai            : Lithium Polymer 2750 mAH

Artikel Terkait
loading...
Rekomendasi