blanja.com
telkomsel halo

Samsung Galaxy On7 : 4G untuk kelas menengah

08:03:57 | 27 Nov 2016
Samsung Galaxy On7 : 4G untuk kelas menengah
Penampilan Samsung Galaxy On7 (idt)
telkomtelstra januari - maret
Tak hanya menawarkan smartphone kelas atas dengan harga premium, Samsung juga melego ponsel cerdas di kelas menengah yang sarat fitur mutakhir.  Kali ini seri Samsung Galaxy On7 yang dibandrol di harga 2,7 jutaan di lempar ke pasar September lalu.

Berbekal prosesor quad -core Snapdragon 410 (MSM8916) 64 – bit SoC dengan empat core ARM Cortex – A53 CPU clock 1,19 GHz, ponsel ini tampil percaya diri.  Ram yang disediakan pabrikannya sedikit nanggung, dengan kemampuan 1,5 Gb, kurang maksimal dalam mengoperasikan ponsel bersistem operasi Android Lollipop ini.   Seperti apa kinerja dan penampilan ponsel ini? 

DESAIN

Pertama kali melihat tampilan Samsung Galaxy On7 ini, nuansa Samsung seri Galaxy begitu terasa.  Dimensinya 151.7 x 75 x 8 mm  dan bobot seberat 167 gram, ponsel ini nyaman dan pas dalam genggaman.  Seri Samsung yang masuk ke meja redaksi IndoTelko kebetulan berwarna gold, membuatnya tampil menarik dan Nampak mahal.

LAYAR

Teknologi layar yang diadposi Samsung satu ini adalah TFT  dengan besar layar 5.5 inci.  Resolusi yang digunakan sudah HD 1280 x 720 pixels.  Penampakan layarnya cukup terang meski mengoperasikannya di bawah sinar matahari. 

TOMBOL

Seperti seri Samsung kebanyakan, tombol operasi ponsel ini terpusat di tombol sentuhnya yang terletak di bawah layar.  Fungsinya pun tergolong standar yakni tombol aplikasi yang sedang dibuka dan tombol back.  Satu lagi tombol fisik yang penggunaannya harus ditekan adalah tombol menu.  Posisinya ada di tengah-tengah di antara dua tombol sentuh tadi.  Sementara posisi tombol power ada di sebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri.

SLOT

Samsung Galaxy On7 ini punya dua slot yang masing-masing berfungsi sebagai slot headset 3,5 mm untuk audio yang berposisi di bagian bawah body ponsel, berdampingan dengan slot micro USB.

INTERNET

Sebagaimana ponsel cerdas lainnya, Samsung Galaxy On7 ini dibekali berbagai jalur untuk terkoneksi ke internet.  Koneksi seluler yang terfokus di simcard yang kita gunakan, sudah berjaringan 4G dengan dua slotnya.  Apabila ada jaringan WiFi di sekitar, kita bisa memaksimalkan fungsi WiFi dengan spesifikasi Wifi 802.11 b/g/n.

EMAIL

Pengaturan email pun sudah disediakan oleh system operasi Android yang digunakan.  Fitur email ini merupakan fitur wajib yang ada pada setiap ponsel Android.  Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan dan menjalankan email yang Anda miliki di ponsel.

KAMERA

Ponsel cerdas ini sudah dibekali kamera utama beresolusi 13 megapixel dengan aperture f/2.1.  Kameranya juga sudah dibekali dengan  kemampuan auto focus.  Fitur yang tersedia di kameranya terdiri dari mode Auto, Pro, dan beberapa menu lainnya untuk mendapatkan hasil jepretan maksimal. 

Di bagian depan, kamera yang dibenamkan oleh pabrikan Samsung beresolusi 5 megapixel ber-aperture f/2.2.  Teknologi ini memungkinkan penggunanya mengambil gambar 120 derajat lebih luas.

MEMORI

Pabrikan Samsung membekali ponsel ini dengan memori internal sebesar 8 Gb.  Tergolong kecil sekali untuk sebuah ponsel cerdas.  Namun kebutuhan ruang penyimpanan ini diatasi oleh Samsung dengan menyediakan slot memori card MicroSD.

PLAY STORE

Saat diuji coba, kami sempat berselancar masuk ke took aplikasi milik goggle yakni Play Store.  Dengan aplikasi ini kita bisa mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan dan membuat ponsel ini tampil lebih sempurna dan enak digunakan.  Seperti halnya mengunduh aplikasi berita.

SECURITY

Taka da perbedaan dengan ponsel bersistem operasi Androi lainnya.  Ponsel ini juga dibekali dengan fitur keamanan standar.  Misalkan pengunci layar dan juga keamanan terkait apabila ponsel dicuri orang atau hilang.  Menu Find My Mobile akan membantu kita menemukan ponsel ini dengan mudah lewat teknologi GPS.

BATERAI

Pabrikan Samsung membekali seri ini dengan daya tahan baterai sebesar 3000 mAh.  Saat diuji coba mengoperasikan ponsel ini seharian penuh dengan penggunaan maksimal, baterai mampu bertahan seharian penuh. Indikator baterai tersisa 2 bar saat waktu senja tiba. 

KINERJA

Apabila melihat fitur yang dimiliki Galaxy on7 dan mempertimbangkan hasil pengujian yang kami lakukan, harga bandrol yang diberikan pabrikan Samsung tergolong mahal jika dibandingkan ponsel sejenis di kelasnya. 

Layar yang  belum dibekali teknologi anti gores, membuat pengguna harus hati-hati saat menyimpannya ke dalam saku.  Benturan dengan benda tumpul saat ponsel berdesakan di dalam saku membuat resiko lecet dan baret lebih besar. (sg)

SPESIFIKASI :

Jaringan        : Dual Micro SIM/HSDPA 850/900/1900/2100/ LTE 850/900/1900/2100

Layar        : Capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches, 1080 x 1920 pixels

OS            : Android OS, v5.1 (Lollipop)

Hardware        : Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625  CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 

Kamera        : 13 MP dan kamera depan 5 MP

Baterai        : Lithium ion 3000 mAh

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
kerjasama CSI
kerjasama CSI