blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Asus Zenfone Live

Pilihan Tepat Untuk Pecinta Live Streaming

05:41:21 | 21 Jun 2017
Pilihan Tepat Untuk Pecinta Live Streaming
Tampak muka, Asus Zenfone Live (dok)
telkomtelstra januari - maret
Asus Zenfone Live merupakan smartphone terbaru yang belum lama dirilis bersamaan dengan peluncuran Asus Zenfone Zoom S. Asus memperkenalkan perangkat anyar ini dengan sebutan Video Selfie Expert yang menonjolkan fitur real time untuk live streaming. Hal ini tidak terlepas dari semakin populernya tren video di tengah masyarakat. Menawarkan fitur tren live streaming, Asus Zenfone Live terasa makin menarik karena dibanderol dengan harga yang terjangkau.

DESAIN

Asus Zenfone Live memiliki desain kekinian dengan bentuk yang ramping dan bobotnya sangat ringan. Ramping karena ketebalannya berkisar 7,95mm yang sangat nyaman saat berada di genggaman. Apalagi ukurannya sangat kompak dengan berat hanya 120 gram saja, sehingga mudah di bawa dan dimasukkan ke dalam saku.

Tampak muka Asus Zenfone Live didominasi layar berukuran 5 inci yang terlihat cantik berkat penggunaan kaca melengkung 2.5D. Seperti ponsel Android kebanyakan, Asus juga menempatkan tombol navigasi sentuh di di bawah layar. Di sisi kanan yang sejajar dengan ibu jari terdapat tombol power dan tombol volume yang mudah di akses. Di arah yang berlawanan akan ditemukan port SIM card dengan dua slot yang bisa dimanfaatkan. Saat ingin mendengarkan musik melalui headset, jack audio 3.5mm bisa di akses di bagian atas. Sedangkan di posisi bawah tersedia port micro USB yang diletakkan sejajar dengan speaker. Saat perangkat dibalikkan, akan terlihat kamera di sudut kiri atas bersamaan dengan lampu kilat LED tepat di bawahnya. Hanya saja, kita tidak akan menemukan fasilitas pemindai sidik jari yang umum terdapat di bagian belakang. Karena Asus Zenfone Live memang meniadakan fitur fingerprint yang cukup populer saat ini.

LAYAR

Asus Zenfone Live mengusung layar berukuran 5 inci dengan teknologi IPS dan resolusi HD (720p). Ini merupakan ukuran layar yang cukup ideal untuk penggunaan satu tangan. Apalagi layarnya masih cukup terlihat terang saat digunakan di luar ruangan. Bahkan dengan teknologi IPS, layar Asus Zenfone Live dapat dilihat dari sudut kemiringan yang ekstrim.  Hanya saja, resolusi yang masih sebatas HD masih terasa kurang optimal dalam menampilkan warna terbaik. Meski demikian, pengguna masih dapat mengatur pilihan tingkat saturasi warna di setingan layar yang terasa cukup membantu untuk aktivitas tertentu. Apalagi penerapan layar sentuhnya juga terbilang memuaskan, cukup responsif ketika beralih antar home screen.

KAMERA

Kamera Sebagai ponsel yang dijuluki Video Slefie Expert, kekuatan yang utama tentu ada pada fitur kamera. Asus sendiri mempersenjatai Zenfone Live dengan kamera belakang yang memiliki 13MP lengkap bersama aperture f/2.0, dan fitur autofocus. Sedangkan untuk kamera depan dibekali resolusi 5MP dengan aperture f/2.2,sudut lebar hingga 82 derajat dan flash LED.

Bicara kualitas, kamera utama Asus Zenfone Live mampu menghasilkan gambar yang cukup baik. Foto terlihat detil dan warna alami yang terlihat sesuai dengan objek aslinya. Begitu pula untuk pengambilan gambar di ruang dengan cahaya yang minim (low light). Karena Asus Zenfone Live sudah dibekali teknologi PixelMaster Camera yang memungkinkan memotret foto low ligth. Teknologi ini akan meningkatkan sensitivitas cahaya, mereduksi noise dan meningkatkan kontras warna hingga 400 persen.

Untuk kamera depan, meski hanya beresolusi 5MP tapi sudah dibekali kemampuan pengambil gambar dengan sudut lebar hingga 82 derajat. Sehingga pengguna dapat memotret banyak objek dalam satu frame, atau biasa disebut wefie. Tidak hanya itu, penggunaan sensor berukuran 1.4 micron sangat membantu untuk menangkap objek dengan lebih terang dan jelas. Hasil foto selfie pun terlihat alami di ruang kurang cahaya berkat keberadaan soft-light LED. 

Seperti Zenfone series lain, Asus juga membenamkan 12  modus pemotretan yang bisa dipilih untuk mengeksplorasi hasil foto yang diinginkan. Tidak sulit untuk mengoperasikan beragam modus yang ada, termasuk untuk pengguna pertama sekalipun.

SOUND

Audio  Asus Zenfone Live juga di dukung dengan audio yang  cukup bombastis yaitu menghadirkan speaker khusus dengan 5 magnet serta metal voice coil. Hasilnya output audio yang dihasilkan terdengar 67 persen lebih keras dan jernih dibanding smartphone lain dikelasnya, serta  mampu memperluas reproduksi suara frekuensi rendah 17 person dan mwngurangi distorsi hingga 15 persen.

Saat melakukan panggilan video atau mencoba live streaming pun suara terdengar lebih jelas. Hal ini dimungkinkan karena Asus menanam sepasang mikrofon MEMS yang sangat sensitif dan diposisikan akurat untuk mengurangi noise.

PERFORMA

Kinerja Keseluruhan kinerja Asus Zenfone Live dipercayakan kepada prosesor Qualcomm Snapdragon 400 yang di sokong memori RAM 2GB. Untuk penyimpanan internalnya berkapasitas 16GB yang sudah tergerus oleh sistem sehingga hanya menyisakan ruang sebesar 10GB. Mamun pengguna masih dapat memperluasnya melalui microSD hingga 128GB. Ini memang bukan konfigurasi hardware yang mumpuni, namun masih sanggup untuk mendukung aktivitas harian pengguna.

Untuk aktivitas multimedia seperti mendengarkan musik atau menonton video berjalan tanpa halangan berarti. Namun untuk bermain masih ditemukan kendala nge-lag saat memainkan game dengan grafis berat. Tapi untuk game-game kasual masih cukup optimal.

Untuk menemani aktivitas penggunanya, Asus Zenfoe Live mendapatkan sumber daya dari baterai berkapasitas 2.650mAh. Untuk penggunaan standar seperti browsing, beraktivitas di sosial media, memeriksa atau mengirim email, dan sesekali memutar musik, ponsel ini bisa bertahan selama kurang lebih 8 jam lebih. Namun kekuatan daya baterai ini akan terkuras lebih cepat ketika digunakan untuk aktivitas yang sangat aktif, termasuk bermain game atau menggunakan perangkat secara terus menerus. Baterainya hanya sanggup menyuplai tenaga selama 5 jam saja.

KESIMPULAN

Untuk pengguna yang hobi live streaming dan ingin terlihat menarik di depan kamera, kehadiran Asus Zenfone Live bisa menjadi pilihan utama. Penggunaanya juga sangat mudah, pengguna cukup membuka aplikasi BeautyLive dan mengatur tingkat keindahan antara 0-10. Lalu pilih aplikasi live streaming antara Facebook, Instagram dan YouTube untuk memulai streaming langsung dengan modus Beauty.

 

SPESIFIKASI

Harga.            : Rp. 1.799.000

Jaringan.       : 3G, HSPA,EDGE,4G LTE

Layar              : 5 inch,IPS LCD capacitive, Resolusi 720x1280 piksel

OS.                  : Android v.6.0 Marsmallow

Chipset.         : Snapdragon 410 Quad core 1 GHz GPU Andreno 306

Memory.        : RAM 2 GB, internal 16/32 GB, eksternal up to 256GB

Kamera.         : 13MP +5 MP, video 1080p@30fps

Konektifitas.  : Wifi, Bluetooth, USB OTG

Baterai.          : Li-ion 2650 mAH

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Roaming-Costs-v2.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
smartfren