blanja.com
telkomsel halo

Mencicipi aplikasi Indonesia Airports

06:24:38 | 17 Nov 2016
Mencicipi aplikasi Indonesia Airports
ilustrasi (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP II) akhirnya merilis aplikasi Indonesia Airports di toko aplikasi milik Google (Google Play) untuk mendukung aksi airport go digital.

Aplikasi yang dirancang untuk para pengguna bandara yang dikelola oleh AP 2 ini rencananya dijadikan sebagai pintu gerbang virtual untuk semua informasi terkait layanan di bandara. (Baca juga: Aplikasi Indonesia Airports)

Pertama kali membuka Aplikasi Android Indonesia Airpot kita disuguhkan menu login, proses login nya pun cukup mudah, kita bisa login menggunakan akun google plus dan facebook.

Setelah login kita diminta untuk memilih bandara yang ingin diketahui informasinya. Setelah memilih bandara masuk ke dalam dashboard dan klik icon pesawat.

Kemudian masuk kedalam menu utama terdapat menu  Flight Info, Shop & Dine, Weather, Guide, Airport Care, dan currency.
 

Kita masuk ke dalam menu FLight Info, terdapat informasi keberangkatan dan kedatangan pesawat yang up to date, dari maskapai, nomor penerbangan, waktu, dan terminal di bandara yang dipilih.

Kita bisa masuk ke dalam menu Shop & Dine terdapat informasi restaurant dan outlet yang ada dibandara tersebut.

 

Jika kita ingin mengetahui cuaca kita bisa masuk kedalam menu Weather.
 

Kita masuk kedalam menu Guide, terdapat informasi fasilitas yang ada dibandara seperti toilet, akses internet atau wifi, info hotel  yang ada disekitar bandara dan informasi nomor penting yang bisa dihubungi.
 

Aplikasi android Indonesia Airpot juga terdapat menu airport care yang bisa digunakan pengguna untuk memberikan komentar mengenai bandara  secara online, dan juga pengguna dapat melihat laporannya, dan juga pengguna bisa mengisi survey kepuasan pelanggan melalui menu ini.
 

Jika anda pebisnis terdapat menu kurs mata uang didalam aplikasi indonesia airport ini dan anda bisa langsung mengakses pada menu currency.
 

Kita beranjak ke menu yang ada dibawah yaitu My Flight, My Transport, My Profile, dan contact us.

Didalam Menu My Transport terdapat menu my taxi, my suttle bus, my bus, dan my car. Tetapi sayang sekali yang baru bisa digunakan hanya my taxi, jadi kita bisa memesan taxi dengan aplikasi ini.

Untuk menu lainnya seperti menu My Flight sama dengan menu flight info, kemudian menu my profile berisi data pribadi pengguna, dan contact us berisi data dari PT Angkasapura II

Kesimpulan

+ Aplikasi Indonesia Airport cukup bermanfaat, karena pengguna mendapatkan informasi jadwal penerbangan seluruh maskapai sehingga memudahkan pengguna yang ingin menggunakan transportasi via udara.

+ Dalam aplikasi ini pengguna dapat langsung memberikan komentar dalam bentuk laporan ataupun survei yang berguna untuk pengembangan kinerja dan kemajuan pelayanan bandara.

- Dari segi tampilan, dan penempatan icon cukup baik sedangkan dari pewarnaan agak sedikit gelap terang sehingga pengguna perlu fokus untuk membaca informasi yang ada.

- Agak kesulitan diawal untuk kembali ke form pilihan bandara karena pewarnaannya kurang jelas.

- Kurang mengerti fungsi form awal setelah memilih bandara, harusnya setelah pilih bandara langsung ke dashboard menu utama.

- Masih terdapat data-data informasi bandara yang belum tersedia terutama di bandara-bandara domestik. Contoh : Bandara Halim Perdana Kusuma, informasi shop & dine, Guide masih kosong.

- Survei hanya bisa di bandara Soekarno Hatta saja, walaupun kita berada di bandara Halim Perdana Kusuma tetapi keterangan surveinya tetap  Soekarno Hatta.
- Untuk menu my transport belum bisa digunakan semua, hanya my taxi dan itupun baru di bandara Soekarno Hatta.

- Sangat disayangkan untuk informasi yang lumayan penting justru ditempatkan dalam submenu yang harusnya ditempatkan dalam menu utama seperti informasi fasilitas bandara, dan hotel.(ps)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI