blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Huawei P9 Lite : Tak lagi berkamera ganda, namun kualitas meningkat

08:50:15 | 25 Jan 2017
Huawei P9 Lite : Tak lagi berkamera ganda, namun kualitas meningkat
Tampilan Muka P9 Lite (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Bukan Huawei namanya kalau tidak berinovasi dalam menyuguhkan pilihan ponselnya.  Sekali melempar produk ke pasar, berbagai pilihan dan seri ponsel dikeluarkan dalam waktu berdekatan bahkan bersamaan.  Seperti seri Huawei P9 dan P9 Lite.  Perbedaan antar keduanya yang kentara adalah kepemilikan kamera utama ganda.  Seri P9 berkamera ganda sedangkan seri Lite tidak.  Dua ponsel ini muncul bisa dibilang bersamaan.  Muncul pada kisaran Oktober tahun lalu.  Redaksi IndoTelko baru berkesempatan menguji ketangguhan salah satu dari dua produk tersebut kali ini. 

Adalah Huawei P9 Lite.  Ponsel yang digadang-gadang pada awal peluncurannya bakal diminati banyak konsumen ternyata cukup terbukti.  Dibandrol pada kisaran 3,8 jutaan, Huawei P9 Lite ini terbukti cukup diminati.  Harga yang stabil merupakan salah satu parameter sebuah ponsel diminati pengguna.  Bagaimana kinerja P9 Lite ini? Apa saja fitur andalannya sehingga bisa memikat banyak konsumen?

 

TAMPILAN

Muncul sebagai ponsel unibody, P9 Lite tampil cukup pede.  Tampak muka seri ini terlihat mahal dengan balutan full kacanya yang mengkilap.  Di bagian atas terletak speaker dan kamera.  Sedangkan di bagian bawah nampak tegas tertulis merek pabrikan asal cina ini, Huawei.

LAYAR

Teknologi yang diadposi ponsel ini adalah LCD IPS dengan resolusi Full HD (1920 x 1080).  Tergolong biasa diadopsi oleh ponsel-ponsel cerdas sekelas P9 Lite ini.  Melihat tampilan layarnya yang cukup cerah, bisa dibilang layar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang melihatnya. 

BELAKANG

Menyusuri bagian punggung ponsel, terlihat tiga unsur yang dominan yang mengundang mata mengarah ke sana.  Adalah kamera berkualitas 13 MP, LED flash, dan area pengaman via jari alias finger print.  Bicara material, punggung Huawei P9 Lite ini berbahan plastik namun tidak murahan.  Plastik polikarbonan bertekstur kesat membuatnya nyaman dalam genggaman.

TOMBOL SENTUH

Hadir tanpa tombol fisik untuk mengoperasikan ponsel ini kecuali tombol power dan pengatur volume, P9 Lite mengedepankan tombol sentuh.  Tombol inti ini terletak di bagian bawah body ponsel bagian muka.  Tepatnya persis di bawah tulisan Huawei. 

SIMCARD

Menyelipkan simcard dan memori eksternal, Anda mesti membuka slot yang ada di bagian kiri samping body ponsel.  Sebagaimana simcard iphone, proses ini mesti menggunakan jarum atau tusukan penyungkil yang sudah tersedia dalam paket penjualannya.  Kalau pun suatu saat penyungkil tersebut terselip, fungsi alat itu bisa digantikan oleh klip.

SLOT

Ada dua slot yang disediakan ponsel ini.  Slot pertama berada di bagian atas.  Slot ini merupakan slot audio.  Kita bisa menghubungkan headset atau pun speaker aktif dengan jack standar berdimensi 3,5 mm.  Lalu slot kedua ada di bagian bawah dengan fungsi sebagai slot charger dan juga slot koneksi ke perangkat lain terutama komputer berjenis micro USB.

PENGATURAN

Menu yang so pasti dieksplor dan dibutuhkan oleh pengguna adalah pengaturan.  Di sinilah pusat segala pengaturan ponsel ditemukan.  Mulai dari pengaturan kecerahan layar, koneksi nirkabel, simcard, hingga pengaturan penggunaan paket data. 

FINGER PRINT

Inilah salah satu lagi fitur dan teknologi andalan P9 Lite.  Keamanan jari alias finger print.  Bukan barang baru bagi dunia perponselan.  Namun dengan adanya fitur ini, nilai sebuah ponsel sedikit terangkat.  Pasalnya, finger print ini memudahkan pengguna untuk membuka dan mengoperasikan ponsel dalam waktu singkat, tanpa harus menekan tombol pin.

KAMERA

P9 Lite hadir dengan kamera tunggal di bagian belakang.  Kualitas kameranya mencapai 13 Megapiksel dengan teknologi sensor Sony IMX214 dengan lensa f/2.0.  Tergolong biasa saja dan standar.  Di bagian muka dibekali kamera berkekuatan 8 MP termasuk mapan dan nyaman saat digunakan untuk berselfie ria atau sekedar video call.

WIFI

Fitur WiFi menjadi alternatif koneksi internet di samping menggunakan koneksi selular lewat operator yang kita gunakan.  Kita juga bisa saling berbagi koneksi internet dengan fitur tethering.  Fitur ini bukan hal baru dalam sebuah ponsel Android, dan P9 Lite pun memfasilitasi peggunanya untuk menikmati dan saling berbagi jaringan.

INTERNET

Berselancar ke dunia maya dan keluar masuk berbagai situs bisa menggunakan browser yang sudah disediakan Android.  Namun Anda juga bisa menambahkan berbagai browser lewat aplikasi gogle play.  Di sini pula kita bisa mengunduh berbagai situs berita atau sejenisnya dalam bentuk aplikasi, sehingga memudahkan kita dalam berselancar dan menyimak berita teranyar dari seluruh penjuru dunia.

GOGLE

Gogle juga menyediakan aneka fitur secara umum yang tergolong fitur primer yang dibutuhkan pegguna.  Ada gogle search, chrome, gmail, maps, youtube, drive, play music, play movies & TV, hangouts, dan photos.

BATERAI

Berbekal 3000 mAh, Huawei P9 Lite sangat bisa diandalkan.  Seharian penuh dalam kondisi standby dan sesekali menerima telepon plus membalas pesan via sosmed, indikator baterai hanya berkurang separuhnya. 

KINERJA

Secara umum kinerja ponsel ini bolehlah diacungi jempol.  Fungsi telepon dan messaging tak ada masalah, lancar terkendali.  Kecepatan internet dan koneksi dengan perangkat lain pun begitu pula.  Menjalankan fitur hiburan, musik, video, kamera juga sama sekali tidak mengalami ganguan atau kendala berarti.

Sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan tampilan antarmuka EMUI milik  Huawei plus bekal dapur pacu berprosesor octa-core Kirin 650 milik HiSilicon, dukungan 4 core Cortex-A53 2 GHz, 4 core Cortex-A53 1,7 GHz, dan GPUMali T830MP2 kinerja ponsel ini makin moncer.

 

SPESIFIKASI

Jaringan         : GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE

OS                   : Android 6.0 Marshmallow, antarmuka EMUI

Dimensi          : 146,8 x 72,6 x 7,5 mm

Bobot              : 147 gram

Layar              :  5,2 inci, 1.920 x 1.080 piksel (424 ppi), IPS LCD

Prosesor         : HiSilicon Kirin 650, 4 core Cortex-A53 2.0 GHz + 4 core Cortex-A53 1,7 GHz, GPU Mali-T830MP2, RAM   3 GB

Konektivitas   : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, NFC, Bluetooth 4.1, jack audio 3,5 mm

Memori           : 16 GB, slot micro-SD hingga 128 GB

Kamera          : 13 MP f/2.0 dengan LED flash, kamera muka 8 MP f/2.0

Baterai            3.000 mAh

Artikel Terkait
Rekomendasi
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
indihome
News of The Day