blanja.com
telkomsel halo

Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL: Dua kamera di depan buat yang suka selfie

08:56:49 | 24 Nov 2017
Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL: Dua kamera di depan buat yang suka selfie
Asus Zenfone 4 Selfie (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Asus lagi-lagi mencoba mengakomodir kebutuhan pengguna ponsel yang doyan ber-selfie ria.  Tak tanggung-tanggung, pabrikan ponsel ini menyodorkan dua pilihan ponsel untuk berselfie bagi dua kelas yang berbeda.  Keduanya punya andalan dua kamera di bagian depan.

Kedua ponsel itu terdiri dari Asus Zenfone 4 Selfie dan Asus Zenfone 4 Selfie Pro.  Keperuntukan seri Asus Zenfone 4 Selfie buat mereka yang ingin tampil casual.  Sementara Asus Zenfone 4 Selfie Pro untuk mereka yang mobilitasnya tinggi.  Pasalnya seri Zenfone 4 Selfie Pro punya daya tahan baterai  yang lebih besar  ketimbang saudaranya Zenfone 4 Selfie. 

Kali ini kami berkesempatan melakukan uji coba seri  Zenfone 4 Selfie yang punya seri angka ZD553KL dan dibandrol dengan harga Rp. 3,499 jutaan.  Berikut hasil yang kami rasakan dari berbagai aspek:

TAMPILAN

Tak ada yang istimewa dari tampilan Asus Zenfone 4 Selfie ini.  Berdimensi 155,66 x 75,9 x 7,85 mm dengan bobot 144 gram, tergolong biasa saja.  Tidak besar dan tidak pula berdimensi imut alias kecil, standart ala smartphone-smartphone lainnya.  Pun desainnya yang unibody, baterai tak bisa dicopot dan memasang simcard atau memori card eksternal dengan menyelipkan ke slot yang sudah di sediakan.

BODY

Menarik melihat tampilan ponsel ini di bagian depannya.  Terlihat dua kameranya tampil percaya diri di sisi kiri dan kanan bagian atas body ponsel.  Di antara dua kamera tersebut tersedia juga lampu flash, speaker, dan lampu indikator sinyal.  Sementara di bagian belakang ponsel ini hanya terlihat kamera dan lampu tambahan/flash.  Di bagian bawahnya terdapat tulisan merek ponsel, ASUS.

TOMBOL

Di bagian bawah muka ponsel terdapat satu tombol fisik sebagai tombol menu namun pengoperasiannya dengan sentuhan tangan, bukan di tekan.   Sedangkan di kanan kirinya tersedia tombol sentuh back dan tombol masuk ke pilihan aplikasi/menu yang sedang digunakan.  Di sebelah kanan body nya tersedia dua tombol fisik yang berfungsi sebagai pengatur volume dan tombol on/off.  Sedangkan di kiri bodynya tersedia slot simcard dan memori card.

LAYAR

Layar Asus Zenfone 4 Selfie ini berdimensi 5,5 inci dengan teknologi layar IPS capacitive touchscreen, 16 juta warna.  Resolusi layarnya sebesar 720 x 1280 pixels dengan rasio  16:9.  Tampilan layarnya cukup jernih dan nyaman di mata. 

JEROAN dan OTAK

Pabrikan Asus membekali ponsel ini dengan Chipset keluaran Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53.  Sistem operasi yang digunakan adalah Android 7.0 (Nougat).  Diharapkan dengan bekal mesin 4 otak dan chipset dari perusahaan ternama, kinerja ponsel ini bisa diandalkan dan mumpuni.  Dan sejauh kami uji coba, kinerja nya memang oke dan bisa diandalkan.  Menjalankan berbagai menu dan aplikasi secara bersamaan tidak ada masalah.

SLOT SIMCARD

Ponsel ini menyediakan triple slot Sim tray yang terletak di samping kiri badan ponsel.  Dengan fasilitas ini memungkinkan kita memasang dua kartu sim dan juga microSD tanpa harus menanggalkan salah satu simcard selayaknya slot hybrid.  Dan kedua slot simcardnya juga bisa berjalan di jaringan 4G alias LTE.  Kelebihan slot microSD ponsel ini adalah kapasitas dan daya tampungnya mencapai 2 TB. 

KAMERA

Kamera Utama yang ada di belakang berkekuatan 16 megapiksel.  Dukungan lampu tambahan alias flash menambah lengkap keberadaannya.   Bicara kamera, sebenarnya kamera belakang bukanlah kamera utama.  Justru kami menganggap kamera di bagian depan adalah kamera utama.  Hal ini lantaran ponsel ini berjuluk sebagai ponsel selfie. 

Kamera bagian muka ada dua.  Kamera pertama berkekuatan 20 MP  dan kamera kedua berkualitas 8 MP dengan daya jangkau hingga 120 derajat.  Kamera ini juga punya kemampuan dalam merekam gambar baik foto maupun video termasuk dalam kegelapan.

INTERNET

Teknologi layar yang dimiliki Asus ini membuat kita nyaman dalam berselancar ke dunia maya.  Keluar masuk situs dan berselancar ke dunia maya lewat sentuhan-sentuhan layar terasa nyaman.  Respon layar cukup baik dan memudahkan dalam menikmati berbagai suguhan dari dunia tanpa batas ini. 

Jaringan 4G yang bersumber dari simcard yang terselip di slot simcard menjadi penghantar utama untuk terus terkoneksi internet.  Kedua slot simcard yang difasilitasi jaringan 4G berfungsi sebagaimana mestinya.  Pabrikannya juga menyediakan fitur WiFi sebagai alternatif untuk terkoneksi internet apabila ada ketersediaan hotspot sebagai sumber koneksi.

BATERAI

Pabrikan ponsel ini membekali baterai 3000 mAh.  Memang masih sedikit lebih kecil dari saudara nya Zenfone 4 Selfie Pro.  Namun dengan bekal baterai sebesar itu, terasa cukup untuk penggunaan sehari-hari.  Dalam proses uji coba yang kami lakukan, penggunaan normal khususnya ber sosmed, baterai minta di tambah energi dua hari kemudian.  Artinya setidaknya ponsel ini bisa ditopang baterainya selama 2 hari. 

PERFORMA

Secara umum kinerja ponsel ini tergolong sangat baik.  Tak hanya kinerja di fitur kameranya khususnya kamera bagian depan yang memang jadi nilai jual.  Fitur kamera selfie nya sangat mumpuni.  Apalagi daya tangka kameranya hingga 120 derajat, begitu lebar dan mampu merekam gambar lebih luas.

Kinerja fitur lainnya, sosmed dan koneksi internet berjalan baik.  Menggunakan jaringan 4G lewat slot simcard nya tak ada kendala, berjalan lancar.  Pun saat mengaktifkan fitur WiFi nya, koneksi juga aman-aman saja, lancar jaya keluar masuk berbagai situs dan layanan internet lainnya.

SPESIFIKASI :

JARINGAN GSM/HSPA/LTE
DIMENSI/BOBOT 155,66 x 75,9 x 7,85 mm/144 gram
LAYAR IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  5,5 ", 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio
OS  ANDROID NOUGAT
Prosesor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
KAMERA UTAMA : 16 MP, 26mm, EIS (gyro), phase detection autofocus, LED flash

KEDUA : Dual 20 MP, f/2.0, 31mm + 8 MP, 12mm, LED flash, panorama, HDR

FITUR LAIN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, MP3/WAV/eAAC+ playerMP4/H.264 playerDocument viewerPhoto/video editor, dll
BATERAI Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia