blanja
telkomsel halo
finnet KTM

ASUS Zenfone Go : Bidik segmen menengah ke bawah

15:05:21 | 04 Jan 2017
ASUS Zenfone Go : Bidik segmen menengah ke bawah
Nampak tak terlihat sebagai ponsel entry level (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Keseriusan Asus masuk pasar Tanah Air tak melulu untuk mengisi kebutuhan pasar ponsel cerdas menengah ke atas.  Potensi dan peluang serta permintaan pasar menengah ke bawah pun mulai di lirik pabrikan ponsel satu ini. 

Lewat seri Zenfone Go ZB690KG, Asus menawarkan satu ponsel nan sederhana, harga terjangkau namun bisa memenuhi kebutuhan pengguna ponsel saat ini.  Messanging, sosial media, dan juga kamera menjadi andalan Zenfone Go. 

DESAIN

Perubahan signifikan kali ini dirasakan juga di lini Zenfone Go. Desain yang diusung berbeda dari desain sebelumnya. Terlihat sangat fresh dan juga menarik. Hadirnya metallic-coated frame dibuat untuk mempercantik tampilan bodynya. Lapisan metallic-coated frame dekoratif tersebut menggunakan teknologi yang disebut Non Conductive Vacuum Metallization (NCVM).

Lewat metode ini, lapisan metallic memiliki kualitas lebih tinggi dan mampu melindungi display dengan lebih baik. Artinya, layar ponsel cerdas satu ini akan lebih terjaga oleh frame tersebut.

Pabrikannya juga mendesain phablet ini dengan ergonomic rounded edges yang menawarkan pengalaman menggenggam yang lebih baik. Bayangkan bila desain yang diusung flat maka akan sulit sekali untuk digunakan.

TAMPILAN

Tampilan meyakinkan.  Tak nampak kalau phablet ini untuk mengisi pasar menengah ke bawah secara fisik.  Masuk pasar Tanah Air dengan dua pilihan warna yang elegan, yakni Glacier Gray dan Pearl White, ZenFone Go menggunakan bezel frame dengan warna yang sama dengan back case-nya.  Pengguna nanti bisa memilih warna yang cocok dengan keinginan. 

SPEAKER

Posisi speaker ada di bagian belakang.  Suara yang dikeluarkan cukup keras dan sangat maksimal, termasuk saat melakukan telepon dengan on air alias speaker dinyalakan. Pun bila digunakan untuk mendengarkan musik.  Suara yang keluar tergolong lumayan.

TOMBOL

Sebagaimana ponsel kebanyakan, tombol power dan volume ada di bagian kanan bodi.  Keduanya seakan tak terpisahkan meski tampil dengan tombol fisik masing-masing.  Sementara di bagian kanan bawah ada slot  sual SIM slot dan satu MicroSD slot.   Slot ini diberi penutup untuk menghindari dari debu atau pun benda lain yang merusak bagian dalam ponsel.

LAYAR

Pengguna ASUS boleh jadi sudah tidak asing lagi dengan layar IPS. Teknologi layar inilah yang selama ini digunakan di semua lini produk ASUS. Termasuk seri Zenfone Go ini.  Dipilihnya IPS lantaran teknologi IPS ini mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan terhadap mata.  Selain karena kualitas warna yang baik, tingkat kecerahan layar juga nampak lebih baik dari ponsel lain di kelasnya.

Layar Zenfone Go beresolusi 1024x 600 yang sudah mendukung standar standar HD.  Digunakan untuk memutar video dari Youtube, sungguh tidak mengecewakan.  Apalagi dukungan layar yang cukup luas dengan ukuran 6,9”.

GAMING

Phablet ini juga mampu digunakan sebagai hiburan khususnya menjalankan fitur gaming.  Permainan Clash of Clans, dan Clash Royale terasa sangat puas dan tidak mengecewakan.  Khusus aplikasi permainan, Anda mesti sering-sering melongok kapasitas penyimpanan data baik di internal maupun di memori external.

NAVIGASI

Asus Zenfone Go tidak menggunakan capacitive button pada ponsel ini. Yang digunakan di Zenfone Go adalah on screen button, keuntungannya kapasitasnya lebih ringan.

VISUAL MASTER

ASUS ZenFone Go ZB690KG memiliki fitur yang disebut dengan VisualMaster.  Dengan teknologi ini, ponsel Zenfone Go ini mampu menghadirkan pengalaman visual yang kaya, yang tidak tersedia pada phablet terjangkau lainnya. Adapun VisualMaster sendiri terdiri dari ASUS TruVivid, ASUS Splendid, Bluelight Filter dan juga IPS Display.

KAMERA

Di sektor kamera, ASUS menyematkan kamera 8MP sebagai kamera utama dan kamera depan 2MP. Kelebihan kamera Zenfone Go ini adalah sudah memiliki apeture 2.0. Fitur ini menyempurnakan pengambilan foto di kondisi pencahayaan redup dan dapat mengurangi noise hingga 400 persen dan meningkatkan kontras hingga 200 persen. Fitur kamera seperti ini, apalagi didukung oleh banyaknya modus pemotretan, jarang tersedia pada perangkat yang dipasarkan di harga sangat terjangkau.

ANTARMUKA

Bila di Android Vanilla ada Google Now UI, maka di ASUS ada ZenUI. ZenUI adalah rumah dari segala antarmuka yang berfungsi untuk menghubungkan kita dengan smartphone kita. Ada berbagai setting dan fitur yang hanya terdapat pada ZenUI.

Pabrikan ini memanfaatkan gesture secara maksimal dengan menampilkan menu yang berbeda untuk setiap gesture. Dari homescreen sendiri ketika kita swipe dari atas ke bawah maka akan muncul search bar. Search bar ini sendiri tidak hanya berfungsi untuk mencari konten di internet tetapi bisa juga mencari juga aplikasi dan kontak jika diaktifkan. Uniknya lagi ada trending search juga di dalamnya sehingga kita bisa mengetahui apa yang sedang tren di internet.

Sedangkan kalau kita swipe dari bawah ke atas maka akan muncul sebuah pengaturan terhadap ZenUI Launcher. Ada pengaturan Apps dan Widget, Home Edit, Wallpapers, Icon Packs, ZenUI theme, Lock Apps, Preference, System Setting dan More.

Sementara, kalau kita pilih Apps & Widget maka akan masuk ke App menu. Di mana kita bisa menemukan app & widget setting? Kita bisa menemukan pilhannya di titik tiga dan pilih edit.

MENU

Di menu Preference, kita bisa menemukan setting untuk ZenUI Launcher. Terdapat pillihan menu Home Screen, Folder/Icon, Applock, Unread counts badge, search setting, show my ZenUI, check for updates, encourage us, dan feedback & help.

Pada Home screen, kita bisa mengatur apakah kita mau menggunakan Two layout atau one layout. Two layout ini seperti defaultnya sekarang sedangkan one layout, kita tidak akan menemukan halaman aplikasi lagi karena semua aplikasi ada di home screen.

PERFORMA

Fitur dan teknologi yang diusung oleh ASUS ZenFone Go 690KG bukanlah spesifikasi premium tetapi juga bukan spesifikasi murahan. Ini disebabkan karena ASUS merancang spesifikasi agar sesuai kebutuhan dari pengguna phablet Zenfone Go ini.

Dari sisi prosesor, ASUS ZenFone Go ZB690KG menggunakan processor yang cukup mumpuni untuk aplikasi-aplikasi standar sehari hari yakni Qualcomm Snapdragon 200 dengan kecepatan 1,2GHz. Dengan prosesor ini, pengguna juga tidak perlu khawatir kehabisan daya saat melakukan telekomunikasi voice, data ataupun menikmati konten multimedia karena prosesor tersebut relatif hemat energi.

Untuk bagian RAM, ASUS menyediakan kapasitas sebesar 1GB untuk mengakomodir multitasking yang mungkin kita akan lakukan. RAM 1GB ini sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga kita bisa menjalankan aplikasi tanpa harus takut mengalami lag. Tentunya jika membuka aplikasi hingga jumlah tertentu.

Anda juga tidak perlu khawatir. Pada ZenFone Go ZB690KG juga Ada ASUS Mobile Manager yang membantu kita untuk mengatur aplikasi mana saja yang boleh berjalan di background sehingga menghemat penggunaan RAM. Perlu diketahui, sebenarnya ketika RAM tidak bekerja dengan keras maka penggunaan baterai tidak akan boros.

Dari sisi baterai, anda juga tidak perlu khawatir karena baterai yang disediakan berkapasitas sebesar 3.480mAh. Menurut penulis, baterai tersebut adalah baterai dengan kapasitas yang lebih dari cukup.

Ponsel ini dibekali baterai berteknologi Li-Polymer yang merupakan generasi terbaru dari batu baterai di smartphone. Secara teoritis, kombinasi baterai dengan CPU dan display yang digunakan mampu menghadirkan masa aktif hingga 12,5 jam untuk browsing lewat jalur 3G, 16 jam browsing menggunakan WiFi, ataupun 20 jam berbicara non stop di jaringan 3G.

Perangkat ini juga mendukung fitur dual SIM di mana jika SIM 1 menggunakan 3G maka SIM 2 menggunakan 2G. Anda tinggal memilih mau menggunakan operator mana yang akan Anda set untuk menemani Anda di dunia maya. Dual SIM ini menggunakan sistem Dual SIM Dual Standby di mana jika salah satu SIM digunakan untuk menelepon, maka SIM lain akan menunggu. Setelah selesai, barulah SIM akan aktif lagi.

SPESIFIKASI :

Jaringan                     : GSM 850 / 900 / 1800, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

Up to 21.1/5.76 Mbps DL/UL

Layar                    : 6.9"  HD IPS Display (1024×600)

OS                        : Brand-new ASUS ZenUI with Android 5.1 Lollipop

Hardware              : Qualcomm Snapdragon 200 quad core 64-bit 1,2GHz, Adreno 302 400MHz, RAM 1 Gb, dll

Kamera                 : 8MP PixelMaster Camera with f/2.0 aperture

Baterai                  : 13.3W, 3480mAh, non-removable polymer battery.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Minima-WiFi-Access-Point.jpg
More Stories
telkom sigma