blanja-tcash
telkomsel halo
finnet KTM

Andromax Tab 8.0, si 8 Inci yang Macho

02:58:39 | 23 Dec 2013
Andromax Tab 8.0, si 8 Inci yang Macho
Foto: dok. Indotelko
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Sebagian orang mungkin hanya membutuhkan smartphone dalam kesehariannya ketika sebagian yang lain juga membutuhkan tablet. Namun tidak banyak ditemui tablet dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas yang mumpuni.

Bisa dibilang Smartfren Andromax Tab ini merupakan satu diantara sedikit tablet terjangkau dengan performa yang tangguh. Kesan tangguh akan terasa saat pertama kali tab ini dipegang.

Ukuran ketebalannya lebih dari 10 inci namun tidak tergolong berat saat ditenteng. Material yang digunakan pun cukup solid. Meski cover belakang terbuat dari plastik namun cukup kuat dan keseluruhan bodi tab hampir bisa dirasakan kepadatannya.

Tambahan lis di bawah tab cukup sebagai pemanis untuk tab berbodi bongsor ini. Namun lis itu bukan sembarangan karena di dalamnya terdapat 2 komponen speaker di sisi yang berlawanan. Berdekatan dengan speaker, disematkan juga port MicroUSB dan HDMI untuk menghubungkan tab ke televisi atau komputer.

Smartfren Andromax Tab 8.0 ini tidak membolehkan kita untuk mengutak atik sisi dalamnya. Bahkan membuka atau mencopot baterai pun tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu slot simcard diletakkan di luar.

Untuk menyematkannya, buka penutup yang terletak di bagian belakang sisi kanan bawah tab. Di situ anda bisa melihat dua slot yang saling berdampingan. Satu slot yang berukuran agak besar untuk sim card Smartfren dan slot lainnya untuk menempatkan kartu micro SD.

Seperti kebanyakan perangkat smartphone dan tab, tombol aktivasi berada di sisi atas ditemani lubang microphone untuk meredam suara yang tidak diinginkan, dan port audio jack untuk mendengarkan suara melalui handset.

Untuk mengaktifkannya, tekan tombol aktivasi yang berada di antara port microphone dan audio dalam waktu yang agak lama. Lepas. Lalu tunggu prosesor bekerja menyalakan semua sistem yang ada.

Tidak sampai 1 menit, layar akan menghadirkan tampilan awal dengan theme bawaan yang keren, setelah sebelumnya mata anda akan disuguhkan oleh 2 tampilan grafis logo Smartfren yang dinamis dan elegan untuk memperlihatkan kepada pemilik baru tab ini bahwa tampilan yang ditemui akan sama dengan yang dilihat pertama kali.

Tampilan grafis ini merupakan kelebihan Andromax Tab. Selain didukung layar lebar 8 inci, resolusinya juga termasuk XGA atau 768 x 1024 pixel dengan kerapatan 165 ppi.

Selain itu, dukungan prosesor dual core 1,5 GHz ARM Cortex A-9 juga sangat membantu dalam memfungsikan tab ini untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kantoran.  Seperti memutar video presentasi, mengedit tulisan, bermain games, dan pekerjaan ‘berat’ lainnya. Bermain games dengan grafis yang rumit akan terlihat keren di Andromax Tab ini berkat dukungan GPU Dual Mali 400.

Untuk mengerjakan semua hal di tab ini tidak akan sulit berkat adanya beragam aplikasi di dalamnya, baik bawaan maupun yang bisa diunduh di PlayStore. Terima kasih kepada sistem operasi Android Jelly Bean.  

Semua aplikasi tersedia di android untuk para penggunanya. Apa yang diinginkan semua ada di PlayStore, mulai dari aplikasi penghemat baterai, messaging, hingga games menarik. Semua aplikasi ini bisa diunduh dan disimpan ke dalam memori internal yang dibenamkan di tab.

Andromax Tab ini memiliki memori RAM 1 GB dan ROM 8GB. Cukup untuk menyimpan puluhan aplikasi dari PlayStore. Jika dirasa tidak cukup, sematkan saja memori eksternal microSD dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Menyimpan gambar dan video kenangan akan diakomodir oleh 2 buah kamera yang letaknya berlawanan. Kamera utama terdapat di sisi belakang dilengkapi dengan resolusi 5 megapiksel. Untuk merekam gambar di ruangan gelap, anda bisa meminta bantuan lampu flash LED yang bisa menerangi ruangan hingga jarak yang terbatas.

Sedangkan kamera tambahan terletak di depan dengan dukungan resolusi 2 mega saja. Sayangnya tidak ada tambahan lampu flash di sini jadi gunakan lampu sekunder ini untuk memotret diri sendiri dalam keadaan cukup cahaya.

Dalam penggunaan smartphone atau tablet, kita tidak bisa terlalu banyak berharap dari daya tahan baterai. Hampir semua perangkat pintar memiliki daya tahan baterai yang terbatas.

Smartfren berupaya sedemikian rupa untuk bisa mempertahankan perangkat ini menyala lebih lama dengan penyematan baterai Lithium Ion berkapasitas 5000mAh. Tidak bisa dipatok secara pasti berapa waktu standby dan talktime yang bisa dilayani tab andromax ini. Namun saat Indotelko menggunakannya, baterai andromax akan tetap menyala hingga 48 jam dalam kondisi standby dan tidak terlalu banyak aplikasi terbuka.

Perlu diingat, tab ini juga dilengkapi dengan fitur telepon. Namun tidak banyak orang yang menelepon dengan menggunakan tab. Pasalnya untuk menelepon melalui perangkat ini dibutuhkan bantuan handsfree.

Anda tidak mungkin mengangkat tab ini dekat dengan kuping anda. Maka itu dibutuhkan handsfree dan dekatkan mulut anda ke lubang microphone yang bersebelahan dengan tombol aktivasi. Untuk menurunkan dan menaikkan volume suara, tekan tombol panjang yang ada di sisi kanan tab.

Aplikasi hebat dan beragam serta dukungan jaringan CDMA EVDO Rev. A milik Smartfren membuat tab ini akan menjadi kesayangan semua orang. Mengirim pesan lewat BBM, Whatsap, Line, Wechat, Kakaotalk, tidak akan sulit berkat jaringan dan sinyal kuat Smartfren dimana-mana.

Untuk menikmati internet smartfren di tab ini cukup sediakan pulsa sebesar Rp90.000 dan anda bisa menikmati data 4,5GB, atau paket bulanan Rp75.000 untuk data sebesar 3GB.

Apapun paket data smart plan yang anda ikuti, Smartfren memberikan bonus gratis telepon dan SMS ke sesama pengguna Smartfren. SMS ke 123 ketik PAKETBULANAN90K atau PAKETBULANAN75K. (ss)

Artikel Terkait
loading...
Rekomendasi