blanja-tcash
telkomsel halo

Review Produk

Pureshot, Andalannya : Kamera, 4G, dan Prosesor Octacore

11:02:42 | 28 Sep 2015
Pureshot, Andalannya : Kamera, 4G, dan Prosesor Octacore
Pureshote Dual Kartu (foto-foto : SG)
Jakarta (IndoTelko) - Adalah Hisense, merek ponsel asal negeri Tirai Bambu yang juga merupakan pabrikan ponsel merek global. Di Indonesia, merek ini sebenarnya sudah banyak menggelontorkan produknya di jajaran ponsel-ponsel cerdas berharga murah khususnya yang berbasis Android.  Hanya saja ponsel-ponsel tersebut muncul tanpa mengusung merek Hisense, namun merek operator CDMA Smartfren.  Yang baru-baru ini beredar di pasar adalah seri Andromax-nya yang terdiri dari Andromax Q, Qi, dan R.

Respon pasar terhadap ponsel-ponsel Hisense bermerek Smartfren cukup baik, bahkan beberapa seri, kerap kehabisan stock di pasaran.  Boleh jadi ini yang membuat Hisense merasa tertantang untuk maju (sendiri) dan mengadu nasib di pasar ponsel Indonesia, tanpa mesti (wajib) menggandeng operator lain termasuk Smartfren.  Salah satu produk anyar Hisense yang dilempar ke pasar adalah Hisense PureShot.

Dua Kartu Semua Operator
Kalau melihat teknologi yang digunakan Hisense PureShot, ponsel ini bisa disejajarkan dengan ponsel cerdas berteknologi kelas premium.  Jaringan 4G dan prosesor kelas atas 8 otak alias octacore, menjadi modal utama dan mesin penggerak semua aplikasi yang ada di dalamnya.  Selain itu, sesuai namanya “Pureshot”, ponsel ini punya fitur unggulan berupa kamera beresolusi 13 megapiksel lengkap dengan fitur pendukung, dan kamera di bagian muka berkekuatan 5 megapiksel.

Bagaimana kinerja Hisense Pureshot ini khususnya fitur kamera, musik, dan koneksi internetnya dengan jaringan yang sudah 4G ini? Berikut hasil uji cobanya :

Tampilan
Dari sisi desain, tidak ada yang istimewa.  Pureshot tampil sebagaimana ponsel cerdas merek lain yang ada di pasar.  Hanya mengandalkan 2 tombol fisik yang ada di sebelah kanannya, yakni tombol power/off dan tombol pengatur volume.  Pun tombol sentuhnya, yang tersedia 3 buah.  Fungsinya antara lain tombol untuk melihat aplikasi yang berjalan, tombol langsung ke menu utama, dan tombol back.

Layar Yang Jernih
Material ponsel ini didominasi bahan plastik khususnya cover bagian belakang.  Di bagian kanan kiri, atas bawah ponsel ini dikelilingi bahan metal.  Sedangkan untuk teknologi layar sudah menggunakan lapisan anti gores Gorilla Glass 3.  Jenis layar yang digunakan LCD IPS dengan dimensi layar sebesar 5 inci beresolusi HD 1280 x 720 piksel.

Jeroan
Dibandrol dengan harga 2,6 jutaan, Pureshot dibekali hardware sangat mumpuni dan kelas tinggi.  Chipset nya menggunakan produk Qualcomm Snapdragon 615, prosesor yang mendukungnya sudah Octa Core 64 bit yang punya keceoatan 1,7 GHz.  Dukungan memori alias RAM juga tak kalah gahar.  Pureshot membawa RAM sebesar 2 Gb yang akan mendukung kinerjanya dengan berbagai fitur kelas atas di dalamnya.

Koneksi Internet
Tak seperti ponsel Hisense yang di bundling dengan Smartfren. Hisense Pureshot kali ini bisa digunakan oleh seluruh operator.  Tak mesti dan wajib menggunakan kartu Smartfren.  Dua slot simcardnya bisa dikawinkan dengan layanan operator GSM.  Meskipun, dalam paket penjualanya, di dalam kotak Pureshot, juga tersedia Ruim card 4G milik Smartfren.

Akses Internet
Berselancar  dengan layanan operator GSM, baik XL maupun Telkomsel, berjalan cukup baik.  Keluar masuk berbagai situs internet cukup baik.  Kinerja ponsel yang ditopang oleh signal operator berjalan sempurna.  Kedua slot simcard cocok dengan RUIM atau pun SIM card.  Kita pun bisa mengatur slot simcard mana yang akan digunakan untuk akses data.  Pun jalur koneksi nirkabel WiFi.  Sinkronisasi tidak sulit dan berlangsung lancar.  Kinerjanya pun tak mengalami hambatan yang berarti. Lancar jaya. Termasuk kinerjanya dalam komunikasi sosial media seperti facebook, Twitter, BlackBerry Messenger, Whatsapp, Line, dan lainnya.

Aneka Jejaring Sosial
Musik
Fitur musik sebenarnya bukan fitur unggulan Pureshot.  Namun Hisense tetap memperhatikan kelengkapan dan kesempurnaan fitur ini agar pengguna ponsel ini bisa menikmati alunan musik dengan suara yang nyaman dan enak di telinga.  Pureshot telah dilengkapi oleh teknologi dolby yang mampu menghasilkan suara indah saat kita memutar musik kesayangan.

Memori Penyimpanan Lagu
Fitur yang mendukung pemutar musiknya tidak ada beda dengan fitur pemutar musik di ponsel lain.  Ada menu playlist, pilihan genre dan berbagai menu standart pemutar musik pada umumnya.  Terkait kantung penyimpan dana atau lagu-lagu kesayangan, pihak pabrikan sudah menyediakan slot memori eksternal untuk jenis memori micro SD dan juga memori internal sebesar 16 Gb.

Kamera
Inilah fitur andalan ponsel ini.  Lengkap hadir dengan lampu penerang tambahan alias flash, kamera pureshot berkekuatan 13 megapiksel.  Hasil memotret dengan kamera ini sangat baik.  Kita dihadapkan pada beberapa pilihan mode foto, salah satunya panorama.  Fitur panorama memungkinkan kita memotret seluruh sudut objek foto yang ada di sekeliling dengan melingkar 360 derajad.

Proses Foto dengan zoom
Begitu pula merekam video dengan fitur video recordernya, bisa menghasilkan gambar yang berkualitas.  Kualitas video bisa kita atur sesuai keinginan, yang terdiri dari VGA, HD 720p dan HD 1080p.  Lama merekam video atau durasi rekam bisa mencapai 1 jam.

Selain kamera di bagian belakang yang berfungsi sebagai kamera utama, Pureshot juga sudah dilengkapi kamera bagian muka dengan kualitas 5 megapiksel. Kualitas kamera bagian depan ini sudah tergolong cukup maksimal untuk menemani penggunanya berselfi ria dan senantiasa eksis di jejaring sosial.

Pilihan Menu Foto
Kinerja
Ponsel ini bekerja sangat baik. Dukungan hardware dan softwarenya yang tergolong premium, membuat kita puas mengoperasikannya.  Harganya pun tidak tergolong mahal jika dibandingkan dengan ponsel sejenis, apalagi bila dibandingkan dengan ponsel bermerek sekelas Samsung atau Sony.  Kinerjanya tak diragukan sekalipun di adu dengan ponsel merek lain yang berfitur dan berteknologi setara.  Satu-satunya kekurangan ponsel ini selama sebulan kami uji coba adalah daya tahan baterainya.  Pabrikan Hisense hanya membekali baterai bertenaga 2500 mAh.  Saat diuji coba, dalam kondisi baterai 100%, penggunaan standar (memotret, internet, jejaring sosial, dan sesekali mendengarkan musik), baterai hanya mampu bertahan selama 1,5 hari.  Anda perlu selalu menenteng baterai cadangan atau power bank.(*)

Kapasitas Baterai Minim
 

SPESIFIKASI :

Jaringan           : GSM/CDMA, 2G, 3G, dan 4G-LTE

Layar               : 5,5 inci, Corning Gorilla Glass 3 Scratch resistant.

OS                   : Android 64 Bit Lollipop

Hardware        : Chipset Qualcomm Snapdragon 415 dan prosesor Octacore 64bit Adreno 405

Kamera            : 13 MP dan kamera depan 5 MP

Musik               : HD Audio dengan Dolby Digital Plus

Baterai             : Lithium Polymer 2500 mAH

Direview oleh Setia Gunawan, penulis sejumlah buku terkait ponsel dan aplikasi

fb tw
Share
Artikel Terkait
loading...
Rekomendasi
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
indihome