blanja.com
telkomsel halo

Siap-siap nikmati Firefox Quantum dan Firefox Rocket

11:18:23 | 08 Nov 2017
Siap-siap nikmati Firefox Quantum dan Firefox Rocket
Peluncuran Firefox Quantum dan Firefox Rocket (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Akhirnya Firefox Quantum dan Firefox Rocket sampai juga di Indonesia.  Mozilla, pelopor dan penyokong untuk Open Web memperkenalkan Firefox Quantum, browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla. 

Di kesempatan yang sama, Mozilla juga mengenalkan Firefox Rocket, browser Android yang cepat, ringan  dan diciptakan khusus untuk Indonesia.

Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, Mozilla melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Sebut saja  "Quantum Compositor" telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Menurut David Slater, Chief of Staff dan SVP of Operations Mozilla, selain peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan, pihaknya juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. “Dengan 'Tracking Protection' dalam mode browsing private, kami mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa. Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, 'Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan' juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama,” katanya.

Khusus Pengguna Indonesia

Indonesia dianggap sebagai pasar internet terpenting di dunia.  Penggunaan internet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia dan Indonesia adalah negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna Internet. Juga Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses Internet menggunakan perangkat mobile.

Dikatakan Jeff Griffiths,  Director of Product Management for Core Browsers, dari riset pengguna internal yang dilakukan oleh Mozilla, ditemukan sekitar 40% pengguna muda Indonesia tidak puas dengan browser mobile default mereka karena kecepatannya yang lambat. “Hal ini yang membuat Mozilla mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia,” katanya.

“Dengan browser cepat dan ringan, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengambil, berbagi konten dan browsing dengan cepat, bahkan dengan koneksi yang lambat. Ukuran APK Firefox Rocket lebih kecil dari 2.39MB, terkecil di antara browser utama. Ini akan memberi Anda waktu download aplikasi tercepat,” tambahnya.

Berikut beberapa fitur utama Firefox Rocket : Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data. Jika kita ingin lebih hemat lagi, kita dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control, kita dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk lebih banyak mengosongkan penyimpanan ponsel. kita dapat  mengakses konten lebih cepat. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI