blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Ini trik agar pengunjung kembali berbelanja di eCommerce

10:13:15 | 16 Mar 2017
Ini trik agar pengunjung kembali berbelanja di eCommerce
ilustrasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Bagi para pemilik bisnis dan marketer analisa jumlah pengunjung berulang atau repeat visitor dapat menunjukkan efektifitas dari strategi marketing yang  dilakukan.

Hal ini karena, pengunjung yang  berulang  kali mengunjungi sebuah website atau repeat visitor ini memiliki dampak yang besar terhadap penjualan dan pendapatan bisnis.

Repeat visitor memiliki kemungkinan untuk berubah pikiran untuk membeli atau menjadi pelanggan dan dapat merujuk lebih banyak pengunjung ke website Anda. Alhasil, penting bagi para pelaku bisnis untuk menarik sebanyak mungkin repeat visitor ke website mereka.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membawa repeat visitor kembali mengunjungi website Anda. Verisign dalam tip terbarunya menyatakan salah satu faktor yang membuat mereka kembali adalah kepercayaan.

Hal ini dibuktikan Matoa-Indonesia.com mengetahui dengan pasti pentingnya menjaga kepercayaan pengunjung berulang.

Pengrajin jam tangan kayu khas Indonesia ini menyediakan program loyalty bagi orang yang sudah pernah membeli produknya dengan penawaran diskon spesial pada pembelian kedua bagi pelanggan yang menggunakan garansinya. Dengan strategi ini, mereka bisa mendapatkan sekitar 40% hingga 50% pengunjung berulang (repeat visitor).

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang adalah untuk memfokuskan strategi pemasaran secara online kepada repeat visitor dari situs Anda.

Perlu diingat bahwa pengunjung yang kembali ke situs atau returning visitor berbeda dengan pengunjung berulang atau repeat visitor.

Mungkin perbedaannya bisa dijelaskan seperti ini, returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidanya sekali berbelanja di toko tersebut, sedangkan repeat visitor adalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali di toko tersebut.

Kenapa repeat visitor? Karena pengunjung berulang lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Pengunjung berulang sudah tahu produk dan merek dari perusahaan Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi menjelaskan lagi dari awal. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan repeat visitor ke situs Anda?

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda lakukan:
1. Perbaharui Situs Anda dengan Konten-konten Segar
Tentunya orang membutuhkan konten yang baru setiap harinya. Memperbarui konten situs. Anda secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung situs setiap kali mereka berkunjung.  Pertimbangkan untuk menyediakan laman "Kabar terbaru?" atau "Tips hari ini" sehingga situs Anda menyajikan info terkini dari perusahaan Anda.
Jangan lupa untuk memperbarui grafis situs Anda secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan.

Anda juga bisa menggaet pelanggan untuk kembali dengan cara mengumumkan tawaran atau promosi yang akan datang, sehingga mereka pun terpikat untuk kembali berkunjung ke situs Anda.

2. Tawarkan Nilai atau Diskon Tambahan
Pelanggan pada umumnya akan senang bisa mendapatkan sesuatu yang eksklusif yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai.

Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. Anda juga bisa mengidentifikasi partner atau perusahaan lain yang menawarkan produk lain dan jasa tambahan untuk Anda - karena Afiliasi Anda dengan situs lainnya akan membantu dalam membangun kredibilitas usaha Anda. (Dan membuat pranala balik (back link) yang mengarahkan ke situs Anda juga akan membantu dalam SEO!)

3. Bersosialisasi dan Undang Mereka Kembali
Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial Anda melalu tombol berbagi (sharing) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung dan me-like situs media sosial Anda pada Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter. Semakin banyak like, shares, dan tweet yang Anda miliki semakin brand awareness Anda akan semakin terbangun.

Dan ketika konsumen semakin mengenali suatu brand , maka kemungkinan menjadi repeat visitor akan semakin besar. Sediakan juga mereka pilihan untuk menandai (bookmarking) dan menambahkan situs Anda menjadi link favorit mereka untuk memudahkan para pengunjung kembali ke situs Anda.

4. Tetap Berhubungan
Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs Anda. Tawarkan bagi mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk barang dan jasa Anda. Ketika Anda memiliki alamat email mereka, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. Dengan membawa konten yang segar kepada konsumen secara langsung setiap harinya, Anda akan mendorong kunjungan yang berulang.

5. Berikan Kepercayaan dan Keyakinan
Pada akhirnya dua hal inilah yang  diinginkan oleh pengunjung baru maupun pelanggan. Anda juga dapat memberikan hal tersebut melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan  menyelesaikan masalah dengan cepat. Konsumen yang memiliki pengalaman buruk mungkin tidak akan kembali lagi apapun alasannya, oleh karena itu pastikan Anda memberikan apa yang Anda janjikan.

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada pengunjung kembali dan pengunjung berulang (return and repeat visitor) karena sangat mungkin pendapatan Anda sebagian besar akan  berasal dari mereka. Anda hanya perlu mengubah pengunjung berulang menjadi pelanggan atau konsumen berulang yang berkali-kali berbelanja di bisnis Anda.

Hasil penelitian Bain & Company, tentang "The Value of Online Customer Loyalty" atau "Nilai dari Loyalitas Konsumen Online":
* Repeat customer atau pelanggan berulang adalah orang yang  menghabiskan uang dan menghasilkan jumlah transaksi lebih besar dibanding pelanggan lain.

Untuk pakaian, rata-rata repeat customer menghabiskan 67 persen uang lebih banyak di bulan 31-36 dalam kegiatan belanjanya daripada di bulan nol-sampai-enam. Misalnya, pembelian ke-5 seorang pembelanja 40 persen lebih besar dari pembelian yang pertama, dan pembelian ke-10 hampir 80 persen lebih besar dari pembelian pertama.

* Repeat customer akan mereferensikan lebih banyak orang dan mendatangkan bisnis yang lebih besar. Rata-rata, pembelanja pakaian merujuk masing-masing tiga orang ke situs toko online setelah pembelian pertama mereka. Setelah pembelian ke-10, pembelanja yang sama telah merujuk tujuh orang ke situs tersebut.

* Pelanggan yang loyal akan membeli berbagai produk yang Anda tawarkan.
Dimana saja, pembelanja online mengungkapkan kesediaannya untuk membeli jenis produk lainnya dari toko online pilihan mereka. Pembelian berulang tidak hanya akan membangun kepercayaan tetapi juga memberikan lebih banyak peluang cross-selling.

Mendapatkan trafik ke situs Anda memang penting, tetapi itu hanya salah satu dari berbagai hal penting lainnya. Dengan memilah pengunjung yang mendatangi situs Anda dan kemudian fokus pada tipe pelanggan tertentu dalam kegiatan pemasaran, kesuksesan tentunya akan semakin terbuka dalam  waktu singkat.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
indihome