blanja.com
telkomsel halo

Ini yang #RameDiTwitter 2017

08:50:05 | 07 Dec 2017
Ini yang #RameDiTwitter 2017
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menyambut akhir tahun ini, Twitter Indonesia mengeluarkan daftar momen, tagar, dan akun/pengguna yang paling banyak diperbincangkan di Twitter di Indonesia tahun ini.

Tahun 2017 menjadi saksi penting terjadinya peningkatan keberagaman topik di linimasa Twitter di Indonesia.

Dengan sifatnya yang live dan conversational, Twitter menjadi platform pilihan generasi muda Indonesia
untuk secara aktif mencari tahu dan menyuarakan tentang apa yang menarik perhatian mereka; mulai dari budaya, olahraga, hiburan, politik, hingga kegiatan sosial.

Dari momen berskala global hingga nasional yang menarik perhatian dunia, Twitter mewakili keberagaman topik dari beragam lini - menjadikannya platform terbaik untuk melihat berbagai hal yang #RameDiTwitter dari berbagai sisi secara real-time.

Golden Tweet 2017
Tahun ini, Tweet yang paling influensial diraih oleh Persela Lamongan (@PerselaFC). Tweet ini terkait dengan tragedi meninggalnya kapten dan kiper legendaris Persela Lamongan, Choirul Huda, yang berpulang karena insiden di saat pertandingan melawan klub Semen Padang. Ucapan belasungkawa yang membanjiri linimasa Twitter tidak hanya datang dari dalam negeri tapi juga dari pemain dan klub internasional.
Tagar #RIPChoirulHuda langsung menjadi trending topic pertama di Indonesia kala itu. Tweet ini telah di-Retweet sebanyak lebih dari 20.000 kali
.  
10 Momen yang #RameDiTwitter di Indonesia

Ramadan

Selama bulan Ramadan, masyarakat Indonesia berbagi momen berharga mereka menggunakan berbagai tagar seperti #Ramadan, #Puasa, #Sahur, #Ngabuburit, dan lain-lain. Tercatat setidaknya 118 juta Tweet terkait percakapan selama bulan Ramadan tahun ini dari berbagai penjuru dunia.

Pilkada Serentak 2017

Pilkada 2017 (#Pilkada2017) dilaksanakan pada tanggal 15 Februari lalu dan Twitter mencerminkan suasana yang terjadi di setiap daerah namun dengan dampak nasional; ini yang dapat disebut pula sebagai esensi dari perayaan demokrasi. Selama masa Pilkada 2017, banyak kandidat menggunakan Twitter sebagai alat untuk mensosialisasikan program mereka secara konsisten.

Para pemilih menggunakan platform ini untuk mencari informasi secara langsung, termasuk berbagi opini dan terhubung dengan para kandidat. Terdapat sekitar 11,2 juta Tweet yang terkait dengan #PilkadaSerentak2017 terhitung sejak tanggal 1 Januari 2017, di mana 1 juta Tweet di antaranya dicuitkan pada hari pemilihan.

HUT RI ke-72

Tema perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah kebersamaan. Terdapat lebih dari 1,1 juta Tweet dari berbagai penjuru Indonesia yang terkait dengan perayaan HUT RI ke-72 ini. Masyarakat Indonesia berbagi tentang keseruan perayaan kemerdekaan dari berbagai penjuru Indonesia dengan menggunakan tagar #RI72, #17an, #IndonesiaKerjaBersama, #HUTRI72.

Pilkada DKI

Pilkada DKI menjadi salah satu momen penting di dunia perpolitikan Indonesia tahun ini. Masyarakat Indonesia menjadikan Twitter tempat pertama untuk mencari dan berbagi informasi terkait Pilkada DKI, sekaligus platform untuk mengutarakan pendapat mereka mengenai pemilihan umum dan program kerja yang ditawarkan oleh masing-masing kandidat. Tagar seperti #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, #DebatPilkadaDKI dan lain-lain banyak digunakan selama pemilihan berlangsung.

Konser Bangtan Boys di Jakarta

Bangtan Boys (@BTS_twt), yang juga dikenal sebagai BTS, adalah salah satu boy band Korea yang sangat populer saat ini. Penampilan mereka di Jakarta membanjiri linimasa Twitter dikarenakan jumlah penggemar mereka yang sangat besar, tak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Para A.R.M.Y (sebutan untuk fans BTS) menggunakan tagar #wingstourinjakarta, #BTS, #BTSArmy #BTS1000Days untuk berbagi keseruan terkait konser mereka di Jakarta.

Kasus Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (@Basuki_BTP), dijatuhi hukuman dua tahun penjara setelah menjalani proses peradilan di awal tahun ini. Generasi muda Indonesia menggunakan tagar #Ahok, #BebaskanAhok, #KamiBersamaAhok untuk menyuarakan pendapatnya.

Berpulangnya Choirul Huda

Kisah duka kembali menyelimuti dunia sepak bola Indonesia ketika kapten sekaligus kiper legendaris Persela Lamongan FC (@PerselaFC) meninggal saat pertandingan melawan Semen Padang. Ucapan belasungkawa terus berdatangan di linimasa Twitter dari fans dan rekan-rekan seprofesi - nasional dan internasional - yang menyampaikan rasa simpati mereka. Para penggemar menggunakan tagar #RIPChoirulHuda untuk menghargai mendiang Choirul Huda.

Kasus Korupsi Setya Novanto

Setya Novanto (@sn_setyanovanto)  telah dinyatakan sebagai tersangka oleh KPK (@KPK_RI) pada kasus korupsi. Dengan berani dan kritis, generasi muda Indonesia menyampaikan pendapat mereka mengenai isu ini melalui berbagai meme menggelitik dan kreatif dengan menggunakan tagar #ThePowerOfSetnov, #SaveTiangListrik, dan #IndonesiaMencariPapah. Bahkan ada akun yang diciptakan khusus terkait kecelakaan beliau yang menabrak tiang listrik (@TiangListrik_ID).  

Pernikahan Raisa - Hamish

Setelah melaksanakan pertunangan pada bulan Mei, penyanyi terkenal asal Indonesia Raisa Andriana (@Raisa6690) dan aktor Hamish Daud Wyllie (@hamishdwd) mengikat janji suci dalam pernikahan bulan September lalu. Para penggemar mereka pun membanjiri linimasa Twitter dengan ucapan selamat dan kesedihan/kecemburuan yang dibalut dalam konten humor. Meme dan ungkapan lucu dari pengguna Twitter memenuhi linimasa Twitter dengan menggunakan tagar #HariPatahHatiNasional dan #RaisaHamishSatuAtap.

Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution

Pernikahan ini dianggap sebagai pernikahan akbar tahun ini di Indonesia. Kahiyang Ayu, anak perempuan semata wayang Presiden Joko Widodo (@jokowi), menikah dengan Bobby Nasution bulan November yang lalu. Momentum ini mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia dan percakapan terkait acara tersebut menggema di Twitter hingga menjadi viral dengan tagar #JokowiMantu, #BobbyKahiyangWedding, dan #KahiyangBobby.

10 Tagar yang #RameDiTwitter di Indonesia

Sebagai platform yang bersifat live dan conversational, Twitter menjadi tempat bagi generasi muda Indonesia untuk terhubung dengan berbagai momen seru di dunia dan menjadi bagian dari percakapan global. 10 tagar terpopuler di Indonesia tahun ini terkait dengan peristiwa besar di Tanah Air dan dunia.

#PersibDay — Tagar ini selalu digunakan oleh penggemar @Persib setiap kali tim sepakbola asal Bandung ini berpartisipasi dalam suatu pertandingan. Setelah beberapa kali masuk ke dalam daftar yang sama, akhirnya tahun ini tagar #PersibDay berhasil berada di peringkat pertama.

#JumatBerkah — Tagar ini selalu menjadi trending topic di setiap hari Jumat, yang kerap dikaitkan dengan ucapan syukur dan kegembiraan menyambut akhir pekan. Ini adalah pertama kalinya tagar ini masuk ke dalam 10 tagar populer Indonesia.

#WingsTourInJakarta — Tagar ini banyak digunakan ketika para penggemar Bangtan Boys (juga dikenal sebagai BTS) dengan gembira menyambut boyband kesayangan mereka melakukan pertunjukkan di Indonesia.

#TimnasDay — Tagar yang digunakan setiap kali tim nasional Indonesia berpartisipasi dalam pertandingan.

#PersijaDay — Tagar selalu digunakan  penggemar @Persija_jkt setiap kali tim sepakbola ini berpartisipasi dalam suatu pertandingan. Tagar ini juga mendominasi linimasa Twitter selama Liga 1 berlangsung dikarenakan jumlah penggemar Persija yang besar, mengikuti Persib.

#FreeAhok — Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mantan gubernur DKI, dituduh, disidang dan akhirnya dipenjarakan terkait kasus penistaan agama. Tagar ini digunakan oleh para pendukung Ahok di Tanah Air maupun luar negeri untuk menyatakan dukungan mereka terhadap Ahok.

#RI72 — HUT RI ke-72 tahun ini mengambil tema kebersamaan, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk menjunjung asas kebersamaan. Masyarakat Indonesia menggunakan tagar ini untuk berbagi keseruan perayaan di berbagai daerah.

#GoJekTravelokaLiga1 — GO-JEK Traveloka Liga 1 adalah musim ke-60 dari kasta sepak bola tertinggi di Indonesia (di bawah PSSI) dan edisi perdana dengan menggunakan nama baru Liga 1 untuk menggantikan Liga Super Indonesia.

#SaveTiangListrik — Setya Novanto, Ketua DPR RI, terlibat dalam kasus korupsi e-KTP dan mengalami kecelakaan mobil yang kontroversial ketika menabrak tiang listrik/lampu. Tagar ini digunakan dalam bentuk satir (dengan banyak konten humor) untuk mengajak masyarakat melindungi sang tiang listrik/lampu yang ditabrak dan menyebabkan Setya Novanto cedera.

#PilkadaDKI — Tagar ini mendominasi momen Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Masyarakat menggunakannya untuk mencari dan berbagi informasi terkait Pilkada DKI, sekaligus menyuarakan opini secara real-time terkait program masing-masing kandidat ataupun berbagai momen seru yang terjadi saat acara debat antar kandidat.

10 Pengguna Indonesia yang #RameDiTwitter (per 6 Desember 2017)

Di tahun 2017, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam dan dinamis. Hal ini terlihat dari beragam akun yang dibicarakan di linimasa. Basuki Tjahaja Purnama berada di peringkat pertama; disusul oleh Presiden Joko Widodo (@jokowi), Anies Baswedan (@aniesbaswedan), dan Fahri Hamzah (@fahrihamzah). Presiden Joko Widodo juga berada pada peringkat 10 dalam daftar pemimpin negara yang banyak dibicarakan di Twitter secara global.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia