blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Lepas 2.500 Menara, XL Tatap Tender Frekuensi 3G

08:28:49 | 30 Mar 2016
Lepas 2.500 Menara, XL Tatap Tender Frekuensi 3G
Ilustrasi (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) mengaku siap mengikuti tender tambahan frekuensi 3G jika pemerintah menggelarnya tahun ini.

“No issue bagi XL soal pendanaan untuk frekuensi. Kalau harga satu blok frekuensi 3G masih sama dengan tahun-tahun lalu, dana yang ada sekarang bisa untuk ikut tender,” tegas Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, kemarin.

Diungkapkannya, perseroan memiliki Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) sekitar Rp 9 triliun, sementara belanja modal tahun ini sekitar Rp 7 triliun. “Itu artinya kita ada dana sisa Rp 2 triliun. Cukup itu untuk bid blok frekuensi,” katanya.

Ditambahkannya, secara keuangan pun kondisinya makin sehat pasca 2.500 menara dilepas ke Protelindo senilai Rp 3,56 triliun. “Itu bikin enterprise value naik. Debt to Equity Ratio (DER) turun dari 1.9x menjadi 1x kalau rights issue juga sukses. Sekarang kita tunggu saja pengumuman tender dari pemerintah dan lihat syaratnya,” pungkasnya. (Baca juga: Protelindo kuasai menara XL)

Sekadar diketahui, tender memperebutkan dua blok frekuensi 3G terus molor tanpa alasan yang jelas. Terbaru, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)  memperkirakan tender frekuensi 3G bisa dimulai pada kuartal kedua 2016. (Baca juga: Jadwal Tender 3G)

Blok yang akan dilepas di 2,1 GHz adalah blok 11 dan 12. Sejauh ini dua blok itu sudah diminati oleh beberapa operator dengan mengajukan penawaran, antara lain PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan Indosat. Harga per kanal diperkirakan masih di kisaran Rp 500 miliar layaknya tender beberapa tahun lalu.

Blok 11 dan 12 di 2,1 GHz adalah warisan Axis pasca merger dengan XL. Pada 2013 blok frekuensi 3G dengan susunan alokasi adalah blok 1 dan 2 diduduki Tri, Telkomsel (Blok 3, 4, 5), Indosat (Blok 6 dan 7), XL di blok 8, 9, dan 10.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI